Reuni di Bali United, Teco Percaya Betul Kualitas 2 Eks Persija

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, percaya kepada kualitas Novri Setiawan dan Ramdani Lestaluhu. Sehingga, dia tak ragu merekrut dua mantan anak asuhnya itu saat ikatan kontrak mereka dengan Persija Jakarta berakhir.

Novri dan Ramdani merupakan rekrutan teranyar Bali United yang dirilis pada Selasa (10/5/22). Keduanya direkrut untuk memenuhi kebutuhan tim.

Bagi Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra, sosok Novri dan Ramdani sudah familier. Mereka pernah berkolaborasi ketika ia masih menukangi Persija periode 2017-2018.

Ketiganya sukses mengantarkan Persija ke podium juara Liga 1 2018. Novri dan Ramdani merupakan pilihan utama musim itu, dengan perincian masing-masing 30 (Novri Setiawan) dan 33 pertandingan (Ramdani Lestaluhu).

Begitu keduanya lepas dari Persija, kebetulan saja Bali United sedang membutuhkan pemain dengan keahlian mumpuni seperti Novri dan Ramdani.

Novri didatangkan sebagai opsi bek kanan setelah hengkangnya Gavin Kwan Adsit. Bek berusia 28 tahun ini bermain dalam 17 pertandingan sepanjang musim lalu.

“Novri Setiawan kerja sama saya di Persija Jakarta selama dua tahun. Dia pemain yang bisa mengisi pos sayap dan bek kanan,” kata Stefano Cugurra.

Teco menyebut Novri merupakan pemain berkualitas. Sang pemain memiliki kontribusi besar dalam permainan Persija selama menjadi anak asuhnya.

“Waktu di Persija, dia bantu banyak. Saat kontraknya selesai, dia bebas, kami langsung kontak buat dia bisa bantu di sini. Saya pikir Novri bisa menutupi pemain yang keluar,” tutur Teco.

Sementara itu, perekrutan Ramdani Lestaluhu mempertimbangkan kondisi I Kadek Agung Widnyana Putra. Pemain asal Tabanan ini menjalani operasi cedera lutut pada Maret lalu.

Dia mengalami cedera di lutut kanan saat melawan Tira-Persikabo di Liga 1 2021-2022. Beberapa pekan setelahnya, Kadek Agung menjalani operasi di RS Siloam, Kuta.

Teco menyebut, Kadek Agung masih fokus menyembuhkan lututnya. Setelah bisa berlatih, ia pastinya butuh waktu untuk siap merumput lagi dalam laga resmi.

Ramdani Lestaluhu dipilih karena Teco sudah tahu kualitasnya. Keluarga pemain asal Tulehu, Maluku, ini juga memiliki kedekatan dengan keluarga pelatih asal Brasil tersebut.

“Kami berpikir buat tahun ini mungkin susah untuk dia (Kadek) bermain. Kami butuh pemain buat menutupi posisi Kadek,” papar Stefano Cugurra.

Ramdani juga punya kapasitas untuk melapis Eber Bessa. Dia tampil dalam 16 pertandingan sepanjang Liga 1 2021-2022, dengan perincian lima bareng Persija Jakarta di putaran pertama, serta 11 bersama PSS Sleman di paruh kedua.

Novri Setiawan dan Ramdani Lestaluhu hadir bersama empat nama lain, seperti Jajang Mulyana, M Ridho Djazulie, Hendra Adi Bayauw dan Ardi Idrus.

Dari enam nama ini, baru Ridho dan Bayauw yang ikut latihan perdana di Kuta, Selasa (10/5/22). Kabarnya, Novri dan Ramdani akan ikut latihan pada Rabu (11/5/22) nanti sore.

Mereka harus segera beradaptasi lantaran Bali United sebentar lagi akan mentas di Piala AFC 2022, yakni pada 24-30 Juni mendatang.

Bali United tergabung di Grup G bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Visakha FC (Kamboja), dan Kaya FC Iloilo (Filipina). Seluruh partai nantinya akan berlangsung di Bali.