SEA Games 2021: Pujian Shin Tae-yong untuk Ernando Ari yang Mentahkan Penalti Timor Leste

Ernando Ari Sutaryadi menjadi salah satu aktor penting di balik kemenangan 4-1 Timnas Indonesia U-23 atas Timor Leste pada laga kedua Grup A SEA Games 2021. Kiper asal klub Persebaya Surabaya itu mementahkan tendangan penalti lawan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Viet Tri Stadium, Selasa (11/5/2022) malam WIB itu, Timor Leste mendapatkan hadiah penalti pada menit kedua setelah Marc Klok membuat pelanggaran.

Namun, pasukan Fabio Magrao itu gagal memanfaatkannya. Sepakan 12 pas Mouzinho ke kiri gawang Timnas Indonesia U-23 mampu dibaca Ernando Ari.

Penyelamatan Ernando itu membuyarkan momentum Timor Leste. Pada 15 menit pertama, Timor Leste memang terus memberikan tekanan kepada Timnas Indonesia U-23.

Tim berjulukan The Rising Sun itu tidak membiarkan Timnas Indonesia U-23 memegang bola terlalu lama.

Namun pada akhirnya, Tim Garuda Muda mampu balik menekan Timor Leste. Timnas U-23 berhasil mengunci kemenangan 4-1 atas Timor Leste.

Keempat gol Timnas Indonesia U-23 dicetak Egy pada menit ke-16, Witan Sulaeman menit ke-52 dan ke-77′, dan Fachruddin Aryanto menit ke-59. Sementara itu, gol tunggal Timor Leste tercipta atas nama Mauzinho pada menit ke-69.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menyanjung penampilan kiper berusia 20 tahun itu. Namun, arsitek asal Korea Selatan itu juga melihat bahwa Timor Leste tidak sering mengancam gawang Ernando Ari.

“Memang meskipun kami kemasukan satu gol, namun Ernando Ari bisa menepis tendangan penalti Timor Leste,” kata Shin Tae-yong.

“Memang lawan lebih lemah ketimbang kami, jadi tidak banyak peluang tendangan dari lawan. Namun, performa Ernando Ari lumayan baik karena dapat menggagalkan 1-2 tendangan dari pemain Timor Leste,” jelasnya.

Kemenangan telak atas Timor Leste tidak mengubah posisi Timnas Indonesia U-23 di klasemen sementara Grup A. Tim berjulukan Garuda Muda itu masih terjebak di peringkat keempat, kali ini dengan tiga poin dari dua partai.

Timnas Indonesia U-23 tertinggal tiga poin dari Myanmar yang merajai Grup A dan satu angka dari Filipina dan Vietnam di posisi kedua dan ketiga.