SEA Games 2021: Bukan Cedera, Ini Alasan Egy Maulana Vikri Ditarik saat Timnas Indonesia U-23 Ganyang Timor Leste

Egy Maulana Vikri diganti lebih awal ketika Timnas Indonesia U-23 menang atas Timor Leste. Winger berusia 21 tahun itu ditarik keluar pada paruh kedua.

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1 pada partai kedua Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Selasa (10/5/2022) waktu setempat.

Empat gol Timnas Indonesia U-23 dicetak Egy Maulana Vikri pada menit ke-16, Witan Sulaeman menit ke-52 dan ke-77′, dan Fachruddin Aryanto menit ke-59.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menukar Egy dengan Saddil Ramdani pada jeda turun minum.

Ketika itu, Timnas Indonesia U-23 baru unggul 1-0 dan Egy adalah pencetak gol buat tim berjulukan Garuda Muda itu pada menit ke-16.

Kemenangan telak atas Timor Leste tidak mengubah posisi Timnas Indonesia U-23 di Grup A. Tim Garuda Muda masih terjebak di peringkat keempat, kali ini dengan tiga poin dari dua partai.

Timnas Indonesia U-23 tertinggal tiga poin dari Myanmar yang merajai Grup A dan satu angka dari Filipina dan Vietnam di posisi kedua dan ketiga.

Keputusan Shin Tae-yong mengganti Egy mengundang kebingungan. Pasalnya, Timnas Indonesia U-23 masih butuh banyak gol dan pemain bernomor punggung 10 itu bermain tokcer pada babak pertama.

Usut punya usut, Egy tidak menderita cedera. Pemain FK Senica di Liga Slovakia itu ditarik keluar karena perkara strategi semata.

Shin Tae-yong membutuhkan tenaga segar Egy ketika Timnas Indonesia U-23 melawan Filipina dalam partai ketiga Grup A SEA Games 2021, pada 13 Mei 2022.

“Saya memang sengaja mengganti Egy agar dia tidak terlalu kelelahan. Apalagi kami juga ada laga-laga berikutnya, termasuk kontra Filipina,” kata Shin Tae-yong.