Wacana Ada Penonton, Arema FC Usulkan Simulasi di Ajang Pramusim

Arema FC menginginkan suporter sudah bisa hadir di tribun stadion dalam ajang pramusim kompetisi Liga 1 2022-2023.

Setidaknya, Arema berancang-ancang untuk mengikuti turnamen pramusim, antara lain Piala Walikota Solo 2022 dan satu hajatan lagi prakarsa PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pihak klub pun berharap suporter bisa turut hadir dalam meramaikan dua ajang pramusim tersebut. Anggap saja simulasi untuk gelaran sesungguhnya nanti, yakni Liga 1 2022-2023.

“Kehadiran penonton itu sangat penting di era sekarang. Bisa menjadi sebuah simulasi dari pandemi menuju endemi,” ucap Media Officer Arema FC, Sudarmaji, Minggu (8/5/22).

Kendati demikian, kebijakan menghadirkan penonton di tribun memang tidak bisa langsung diterapkan. Butuh sejumlah pertimbangan dari pihak panitia pelaksana pertandingan yang menggelar turnamen pramusim (Piala Walikota Solo).

“Kami berharap turnamen nanti bisa dicoba dengan penonton, tapi tetap butuh sosialisasi juga terkait regulasi untuk mereka hadir di stadion,” cetus eks jurnalis asal Malang itu.

Tentu saja keinginan menghadirkan penonton diiringi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang bersifat wajib di era pandemi virus corona.

“Prokes nantinya bisa menjadi kebiasaan di dalam stadion. Bisa saja nanti disesuaikan mengingat situasi kesehatan masyakarat juga berubah-ubah,” ungkap Sudarmaji.

Wajib Vaksin

Ada pun syarat wajib selanjutnya bagi penonton adalah vaksinasi covid-19. Minimal sudah terlidungi vaksin kedua, sehingga dapat menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion.

“Selain menggunakan masker, suporter wajib sudah vaksin booster atau minimal vaksin kedua untuk bisa hadir di tribun stadion,” imbuh Sudarmaji.

Sekadar mengingatkan, setiap pelaku sepak bola sudah terbiasa menjalani prokes yang ketat berdasarkan pengalaman di Liga 1 2021-2022.

Para pemain, pelatih, staf ofisial, dan petinggi klub selalu mematuhi prokes, mulai dari menggunakan masker, swab antigen, hingga check-in pada aplikasi Peduli Lindungi.