SEA Games 2021: Plus Minus Lini Pertahanan Timnas Indonesia U-23 Saat Libas Timor Leste

Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan pada laga kedua Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) malam WIB. Menghadapi Timor Leste, anak asuh Shin Tae-yong ini menang 4-1.

Shin Tae-yong melakukan perubahan susunan pemain Timnas Indonesia U-23. Ernando Ari, Alfeandra Dewangga, dan Witan Sulaeman langsung dimainkan sejak menit awal.

Beberapa pemain yang tampil pada laga perdana seperti Ilham Rio, Fachrudin Aryanto, dan Marc Klok tetap diturunkan sebagai starter. Sementara di lini depan, Saddil Ramdani memulai laga dari bangku cadangan.

Perubahan ini memperlihatkan catatan positif. Keberadaan Syahrian Abimanyu yang mobilitasnya lebih spartan sukses memberikan warna tersendiri, terutama dari lini tengah.

Shin Tae-yong juga melakukan perubahan pada babak kedua. Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinand, dan Saddil diturunkan.

Timnas Indonesia U-23 memimpin 1-0 pada babak pertama. Kemudian pada interval kedua, Ricky Kambuaya menyudahi perlawanan alot Timor Leste dengan skor 4-1.

Canggung di Awal Laga

Kekalahan di laga perdana masih sedikit berpengaruh. Para pemain terlihat tidak nyaman untuk keluar dari tekanan hingga membuat kesalahan elemen yang mengakibatkan penalti untuk Timor Leste.

kiper Ernando Ari mampu menggagalkan tendangan 12 meter, mereka masih sering melakukan salah kontrol maupun umpan. Beruntung, tekanan yang dilakukan lawan tak mampu menghasilkan gol.

keadaan sedikit membaik tatkala Egy Maulana Vikri mampu membuka angka di babak pertama. Tetapi hal seperti ini jelas tak dapat terulang saat menghadapi Filipina dan Myanmar.

Ernando Ari Jaminan Keamanan

Ernando Ari Sutaryadi berhasil memenuhi kepercayaan Shin Tae-yong. Bahkan sejak menit ketiga, pemain Persebaya Surabaya ini berhasil membuat barisan barisan penyerang Timor Leste.

Bagaimana tidak, tembakan penalti Mouzinho Barreto de Lima dari titik putih berhasil dihentikan. Peluang lainnya dari pemain yang sama di penghujung babak pertama juga berhasil ditahan dengan sempurna.

Kiper berusia 20 tahun itu kemudian menutup malam ini dengan sempurna. Ia berhasil membantu Indonesia meraih kemenangan perdana di ajang SEA Games 2021 dengan status tak kebobolan.

Duo Bek Sayap Belum Optimal

Seperti halnya di laga kontra Vietnam, sektor bek sayap Indonesia belum terlihat optimal. Alfeandra Dewangga dan Rio Fahmi yang dipercaya sebagai starter masih belum mampu menampilkan permainan terbaiknya.

Dewangga beberapa kali menghilangkan bola karena terburu-buru melepaskan umpan ke depan di paruh pertama. Sementara Rio masih sering menjadi tanggung jawab dalam membantu serangan yang membuat kehilangan posisi.

Tetapi, kehadiran Asnawi Mangkualam Bahar di awal kedua berhasil menutup kekurangan di sisi kanan pertahanan. Pemain Ansan Greeners itu sepertinya bakal mengambil tempat utama dari tangan Rio.