Mantan Pelatih Timnas Malaysia Sebut Vietnam Tim Paling Siap di SEA Games 2021

Mantan pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee menyebut Vietnam adalah tim yang paling siap dan tangguh dibanding dengan rival-rival di SEA Games 2021.

Vietnam melumat Indonesia 3-0 pada laga perdana. Namun, mereka gagal mengalahkan Filipina pada laga kedua. Ini membuat persaingan di Grup A sangat ketat.

Namun, anak asuh Park Hang-seo dianggap sebagai kandidat terkuat untuk memenangkan medali emas edisi kali ini.

“Vietnam tampaknya menjadi tim dengan persiapan terbaik, sementara tim Thailand, Malaysia, Indonesia atau Singapura memiliki masalah karena klub menolak untuk melepaskan pemain,” kata Ong Kim Swee dikutip dari Soha, Minggu (8/5/2022).

Pelatih yang membawa Malaysia merebut medali emas SEA Games 2011 itu menceritakan pengalamannya.

“Pada tahun 2019, saya biasa membawa tiga pemain berusia di atas 23 tahun tetapi skuatnya sebagian besar terdiri dari pemain U-19, waktu persiapannya terlalu singkat sehingga Malaysia bermain tak maksimal dan tersingkir lebih awal,” lanjutnya.

“Dengan Malaysia, saya mendukung Pelatih Bradley John Maloney karena tidak menggunakan pemain di atas usia 23 tahun di SEA Games, yang akan membantu Malaysia memiliki persiapan yang lebih baik untuk Piala Asia U-23 nanti,” katanya.

Sementara itu, pelatih Park Hang-seo kecewa berat dengan hasil imbang ini. Padahal, pada laga sebelumnya, Vietnam sangat trengginas dan melibas Timnas Indonesia U-23 dengan skor 3-0.

“Hasil imbang tidak memuaskan saya. Dalam pertandingan ini, Filipina bertahan dengan pertahanan yang padat. Sepak bola selalu memiliki variabel. Terkadang kita tidak bisa mengantisipasi bahwa suatu hari lawan akan memainkan begitu banyak pertahanan. Ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk membentuk solusi baru,” katanya.

Akibat hasil imbang itu, Vietnam di posisi kedua dan Filipina mengambil alih puncak klasemen.