Lebih Canggih dari Anfield dan Old Trafford, JIS Dianggap Layak Gelar Final Liga Champions

Dua warga duduk di tepi Waduk Cincin dengan latar belakang pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/3/2022). Berdasarkan laporan mingguan ke-131 dari PT Jakarta Propertindo mencatat bahwa progres realisasi pembangunan stadion yang diproyeksikan berkapasitas 82.000 penonton itu telah mencapai 98,26 persen. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut bahwa Jakarta International Stadium (JIS) memiliki fasilitas lebih baik dari Stadion Anfield dan Stadion Old Trafford.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, memang tak nampak dalam pelaksanaan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah beberapa waktu silam.

Riza memang tak hadir karena melakukan kunjungan ke Inggris di tengah libur panjang lebaran untuk menemani putrinya, Aisha yang tengah menjalankan program double degree dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Di tengah kunjungannya ke Inggris, Riza ternyata menyempatkan diri untuk berkunjung ke Stadion Anfield, yang merupakan markas klub Liga Inggris, Liverpool dan Stadion Old Trafford yang merupakan markas Manchester United.

Foto kunjungan Wagub DKI Jakarta ini diunggah dalam akun pribadi @arizapatria pada Jumat (06/05/22).

Riza sedikit membandingkan fasilitas yang ada di Stadion Old Trafford dan Stadion Anfield dengan Jakarta International Stadium (JIS) yang baru dibangun di Jakarta.

Sebagai catatan, JIS memiliki 82 ribu kapasitas tempat duduk dan dilengkapi dengan atap buka tutup atau Retractable Roof.

“Fasilitas ini belum dimiliki Stadion Anfield, Old Trafford, dan banyak stadion di dunia,” ujar Riza.

“Singkatnya, Jakarta International Stadium layak untuk final Liga Champions, bahkan final Piala Dunia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Riza kemudian mengungkap bahwa sepak bola kini masih menjadi industri di Inggris, karena pihak swasta percaya dengan menjadi sponsor dan memberikan investasi pada klub sepakbola.

Wagub DKI Jakarta Soroti Kemampuan Klub Inggris

Hal ini diharapkan politisi Partai Gerindra ini bisa ditiru oleh klub Indonesia yang tengah menjalani tahapan seperti klub dunia.

Riza menyoroti kemampuan klub Liga Inggris, seperti Manchester United dan Liverpool yang menggaji pemain bintangnya, seperti Mohamed Salah dan Cristiano Ronaldo dengan angka selangit.

“Kita berharap, semoga saat ini Persija dan klub Indonesia lainnya sedang menjalani tahapan-tahapan menuju klub kelas dunia, seperti Liverpool, Manchester United, Real Madrid, Bayern Munchen, AC Milan dan lain-lain,” ujar Riza.

“Tentunya pendapatan klub-klub sepakbola di Inggris sngat besar, sehingga berani menggaji pemain dengan angka sefantastis itu,” imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bakal hadir dalam Trofeo Silaturahmi Jakarta yang akan digelar pada Sabtu (07/05/22). Turut serta di dalamnya tim Liga 1, Persija Jakarta.

Tim Liga 1, Persija Jakarta menggelar pertandingan ujicoba bertajuk Trofeo Silaturahmi Jakarta pada Sabtu (07/05/22).

Dalam trofeo ini, Macan Kemayoran menghadirkan dua tim, yaitu Persija All-Stars dan Persija Development.

Selain itu, ada beberapa orang ternama yang akan hadir, seperti tiga pemain Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, Maman Abdurrahman, dan Ryuji Utomo.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan hadir dalam laga yang akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) tersebut.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sempat berujar bahwa pihaknya mengundang Persija Jakarta untuk bertanding pada Grand Launching International Stadium (JIS).

Persija Jakarta Akan Gunakan Jakarta International Stadium

Selain itu, Anies Baswedan menyebut eks Persija Jakarta, Bambang Pamungkas akan menjadi penendang bola pertama.

Namun demikian, Persija sebelumnya sempat kesulitan karena harga sewa stadion JIS yang mahal.

Persija Jakarta memang berancang-ancang menggunakan Stadion JIS sebagai home base mereka di Liga 1 musim 2022-2023 mendatang.