Hajar Timor Leste, Timnas Indonesia U-23 Masih Di Peringkat Empat

Meski belum memperlihatkan performa sesuai harapan, timnas Indonesia U-23 berhasil memetik kemenangan 4-1 atas Timor Leste dalam matchday kedua mereka di Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Selasa (10/5) malam WIB.

Hasil itu tidak mengubah posisi Indonesia di peringkat empat klasemen sementara dengan nilai tiga. Puncak klasemen dipegang Myanmar yang mengumpulkan enam angka setelah pada laga sore hari menundukkan Filipina dengan skor 3-2. Filipina berada di posisi kedua dengan empat poin. Koleksi poin Filipina sama dengan Vietnam yang berada di peringkat ketiga.

Timor Leste mengawali pertandingan dengan baik, dan mampu memberikan tekanan ke pertahanan timnas U-23. Bahkan Timor Leste nyaris membuka keunggulan ketika laga baru berjalan tiga menit.

Kesalahan Marc Klok dalam mengontrol bola coba dimanfaatkan Mouzinho Barreto de Lima. Klok pun terpaksa melanggar Mauzinho di kotak terlarang. Beruntung Ernando Ari berhasil mematahkan eksekusi penlati Muazinho, sehingga Timor Leste gagal mengungguli timnas U-23.

Tim besutan Shin Tae-yong perlahan-lahan mulai menaikkan tempo permainan. Upaya timnas U-23 membuka keunggulan akhirnya terwujud pada menit ke-16. Umpan sundulan Rizki Ridho diselesaikan Egy Maulana Vikri yang berdiri bebas tanpa pengawalan.

Gol ini menumbuhkan motivasi pemain timnas U-23, dan mulai mendominasi permainan. Pada menit ke-22, tendangan Egy yang lepas dari pengawasan bek lawan berhasil ditepis Junildo Manuel. Bola muntah lalu disambar Irfan Jauhari, tapi Junildo kembali melakukan penyelamatan.

Selang empat menit kemudian, timnas U-23 mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan. Sayangnya, Junildo memperlihatkan performa bagus ketika mematahkan tendangan Ricky Kambuaya.

Timnas U-23 tidak memberikan kesempatan kepada Timor Leste untuk mengembangkan permainan, dan mendapatkan sejumlah peluang. Namun beberapa peluang itu tidak berhasil dikonversi menjadi gol, sehingga babak pertama ditutup dengan skor 1-0.

Skuad Garuda Muda langsung menggebrak pertahanan Timor Leste ketika babak kedua dimulai. Timnas U-23 pun nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-50, namun sundulan Witan Sulaeman terkena tiang kiri gawang.

Selang dua menit kemudian, timnas U-23 akhirnya sukses menggandakan keunggulan. Lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga disambut sundulan Witan yang tak bisa diantisipasi Junildo.

Indonesia memperbesar keunggulan ketika laga memasuki menit ke-59. Tandukan Irfan menyambut sepak pojok dapat dihalau Cristevao Augusto sebelum melewati garis gawang. Bola muntah kemudian disambut sundulan Fachruddin Aryanto untuk menjebol gawang Timor Leste.

Kendati tertinggal tiga gol, Timor Leste tetap memberikan perlawanan, dan berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-69. Menerima umpan terobosan, Mauzinho menendang bola yang bisa ditepis Ernando. Namun bola kembali jatuh ke kaki Mauzinho yang kali ini tidak membuang kesempatan.

Pada menit ke-77, timnas U-23 memperlebar keunggulan ketika Saddil Ramdani menusuk sisi kiri pertahanan lawan, dan melepaskan umpan tarik yang langsung disontek Witan. Skor 4-1 ini bertahan hingga pertandingan usai.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Ernando Ari; Ilham Rio Fahmi, Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Syahrian Abimanyu, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari.

Timor Leste: Junildo Manuel; Nelson Sarmento Viegas, Orcelio Guterres, Jhon Frith Ornai Liu de Oliveira, Filameno Junior, Armindo Correia de Almeida, Cristevao Augusto, Elias Joao da Costa, Gumario Augusto, Joao Bosco Halle, Mouzinho Barreto de Lima.