Barito Putera Andalkan Pemain Muda di Liga 1, Dejan Antonic: Target 8 Besar

PS Barito Putera akan mengandalkan mayoritas pemain muda di Liga 1 2022. Pelatih Dejan Antonic tak mau muluk, hanya mematok peringkat 8 besar.

Sebagaimana diketahui, PS Barito Putera dihuni oleh mayoritas pemain muda U-23. Salah satu yang paling diandalkan musim lalu, Bagas Kaffa (20) dan M. Riyandi (22).

Selain itu, masih ada Alif Jaelani (19), Rafi Syarahil (21), Yuswanto Aditya (21), Buyung Ismu Lessy (22), Ferdiansyah (22), dan bek muda yang kerap diandalkan, M. Firly (22).

Masih ada dua pemain belia yang sudah masuk ke tim senior Barito Putera, seperti Alexandro Felix Kamuru (16) hingga Aditiya Daffa Al-Haqi (17), jebolan Timnas U-16.

Pelatih Dejan Antonic berencana untuk mempertahankan mayoritas pemain lokal Barito, dan mengandalkan pemain muda.

“Dari dulu saya suka sama pemain muda. Saya sering bilang, kalau tidak ada pemain muda, sepak bola Indonesia ini tidak bisa hidup,” sebut Dejan di Jebret Media TV.

Terbukti di beberapa klub sebelumnya, Dejan Antonic sukses mengorbitkan pemain muda sampai direkrut ke Timnas Indonesia.

“Dimana-mana saya bisa mengorbitkan dua atau tiga pemain muda. Di Persib ada (Gian) Zola, Febri (Hariyadi), mereka mulai sama saya,” ucap Dejan Antonic blak-blakan.

“Kalau di PBR kita punya Kim (Kurniawan), Rizky Pellu. Jangan lupa, terakhir di PSS Sleman, banyak orang awalnya tidak tahu siapa itu Saddam (Gaffar),” ungkap Dejan.

Dejan Antonic mengaku memiliki misi yang sama dengan Barito Putera, sehingga ia pun mantap menerima pinangan untuk melatih Laskar Antasari di kompetisi Liga 1 2022.

Tak Muluk, Barito Usung Target 8 Besar

Pelatih Dejan Antonic berencana untuk mengandalkan mayoritas pemain muda untuk Barito Putera di Liga 1 2022 nanti.

Dengan keputusannya itu, Dejan Antonic sadar bahwa ada banyak pertaruhan yang ia lakukan, terutama di awal musim Liga 1.

“Ada resiko besar bagi pelatih di Indonesia kalau mau memainkan pemain muda,” ucap Dejan Antonic melalui Jebreeet Media TV.

“Problem kita di sepak bola Indonesia, kalau tim kalah (di awal), langsung kita bilang out pelatih, atau cari solusi yang lain,” ujarnya.

Namun, Dejan yakin, dengan materi pemain Barito Putera yang mayoritas bertahan, lalu ditambah dengan pemain baru yang sesuai dengan kebutuhan, tim akan bisa bersaing.

“Kalau kita lihat materi pemain Barito, sudah lama di Barito ada banyak pemain potensial, bagus sekali. Kuncinya, saya bilang, pemain muda dan senior harus kerja sama-sama.”

Jika musim lalu Barito Putera hampir saja degradasi, maka Dejan Antonic tidak mau mematok target terlalu tinggi musim ini. Ia hanya mengusung target delapan besar.

“Saya sering lihat tim di Indonesia bilang mau juara, tapi tidak mungkin semua juara.”

“Posisi paling tinggi untuk Barito musim depan, kita pasti fight, tapi kalau kita bisa masuk ke top 8 atau lebih, tentu itu adalah kesuksesan yang besar sekali,” imbuhnya.