Barito Putera Terancam Kehilangan Riyandi dan Beni Okto

Barito Putera terancam kehilangan Muhammad Riyandi dan Beni Oktovianto pada bursa transfer Liga 1 2022/23.

Walau Barito Putera terseok-seok di Liga 1 2021 lalu, tapi sejatinya tim asal Kalimantan itu memiliki materi pemain yang berkelas.

Salah satunya, Muhammad Riyandi yang menjadi kiper utama di usianya yang masih belia. Saat ini ia tercatat berusia 22 tahun.

Muhammad Riyandi sukses menyingkirkan seniornya, Aditya Harlan, Andri Prabowo, termasuk Kurniawan Kartika Ajie dalam persaingan kiper utama Barito Putera.

Namun, selain membela Barito Putera, penjaga gawang asal Bogor itu juga kerap absen dari pentas Liga 1, lantaran ia sering dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

Sepanjang Liga 1 2021 lalu, Riyandi tampil dalam 15 laga dan mencatatkan empat kali cleansheet. Ia pun hanya kebobolan 17 gol.

Catatan ini membuat banyak tim Liga 1 lainnya tertarik untuk mendatangkan sang kiper, apalagi kontraknya di Barito sudah selesai, dan kini belum diperpanjang lagi.

Salah satu tim yang dirumorkan tertarik untuk mendatangkan jasa Riyandi adalah tim promosi Liga 1 2022, yaitu Persis Solo.

Sebab, dilansir dari Instagram Muly Munial, ada sebuah unggahan di mana sang agen tengah berfoto dengan Riyandi dan Irfan Jauhari, pemain muda milik Persis Solo.

Di sisi lain, pada akhir tahun 2021 lalu, market value Muhammad Riyandi berada di kisaran angka Rp4,35 miliar. Tentu, secara finansial, Persis Solo tak sulit merekrutnya.

Selain Muhammad Riyandi, Barito Putera nampaknya juga terancam kehilangan winger lincah yang menjadi andalan di pentas Liga 1 2021 lalu, Beni Oktovianto.

Persib Bandung dirumorkan ingin CLBK dengan Beni Oktovianto, sebagai pemain opsi jika David da Silva mengalami cedera.

Rumor ini sudah beredar kuat di kalangan pecinta selak bola, termasuk di Instagram.

“Beni Okto kembali dilirik oleh Persib, untuk men jadi back up DDS di lini depan,” tulis akun @gozipbola beberapa waktu lalu.

Faktanya, Beni Oktovianto bukanlah nama baru bagi Persib Bandung. Winger berusia 23 tahun itu pernah berseragam Pangeran Biru di Liga 1 2020, sebelum liga dihentikan.

Sepanjang kompetisi Liga 1 2021, Beni Okto tampil dalam 31 laga bersama Barito Putera, melesakkan total tiga gol dan satu assist.

Menariknya, satu dari tiga gol tersebut ia lesakkan ke gawang sang mantan, Persib Bandung di laga terakhir Liga 1, sehingga membuat Barito Putera batal degradasi.

Beni Okto hampir selalu mendapat tempat utama di Barito Putera, namun di Persib Bandung, belum tentu ia diturunkan.

Maka, sampai saat ini belum ada kepastian, apakah Beni Okto akan tetap berseragam Barito Putera, hijrah ke Persib Bandung, atau justru memilih tim lainnya di Liga 1.

Geliat Transfer Barito Putera

Memasuki bursa transfer Liga 1 2022/23, Barito Putera resmi melepas Miftah Anwar Sani, Rifqy Suryawan, Saddam Hi Tenang, dan diprediksi masih akan ada yang menyusul.

Walau beberapa pemain dikabarkan akan hengkang dari Barito Putera, namun juga ada beberapa nama yang didatangkan.

Mereka yang sudah diumumkan bergabung ke Barito adalah Donny Monim, Frank Sokoy, Slamet Budiono, Joko Ribowo, Afdal Yusra, dan yang teranyar ada Rendy Saputra.

Namun sekali lagi, klub Liga 1, Barito Putera, memilih untuk merekrut pemain sesuai dengan rekomendasi sang pelatih, Dejan Antonic.