Tiba Di Vietnam, Asnawi Mangkualam Tegaskan Siap Langsung Main

Bek sayap timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam, sudah berada di Vietnam dan menjalani sesi latihan pada Minggu (8/5) petang WIB. Asnawi bertolak dari Korea Selatan pada Sabtu (7/5) waktu setempat, usai dirinya membela Ansan Greeners.

Sayangnya nampak ada yang tak beres pada laga antara Ansan Greeners kontra Anyang, 7 Mei kemarin. Pertandingan selesai dengan skor sama kuat 1-1, namun Asnawi terlihat kesakitan cedera, setelah berduel dengan pemain lawan dan salah jatuh.

Video insiden Asnawi sempat jadi perhatian, karena banyak masyarakat Indonesia yang khawatir mantan pemain PSM Makassar itu malah tak bisa membela timnas Indonesia U-23 pada lanjutan SEA Games. Namun, Asnawi rupanya dalam kondisi baik saat ini.

Ia melakukan sesi latihan ringan, dan terpisah dari rekan-rekan timnas Indonesia U-23 yang lain. Maklum, stamina dari Asnawi juga harus dijaga, karena ia baru sehari sebelumnya menjalani pertandingan K League 2, ditambah harus melakukan penerbangan Korea Selatan-Vietnam.

Ketika ditemui di Vietnam, Asnawi memastikan bahwa dirinya dalam kondisi yang bagus. Bukan tidak mungkin, eks gelandang Persiba Balikpapan ini langsung mencatatkan penampilan pada laga kedua timnas Indonesia U-23 di Grup A SEA Games 2021, melawan Timor Leste, 10 Mei nanti.

“Sekarang saya sudah di Hanoi. Kondisi saya siap untuk tim nasional di SEA Games. Kemarin ada sedikit masalah tapi bukan masalah besar,” ucap Asnawi, mengindikasikan bahwa dirinya sudah siap jika memang langsung dibutuhkan oleh Garuda Muda.

Bagaimana pun, timnas Indonesia U-23 wajib meraih kemenangan demi kemenangan pada sisa laga Grup A. Itu setelah, mereka kalah dari Vietnam U-23 dengan skor telak 3-0. Pada laga itu, sisi kanan pertahanan dipercayakan Shin Tae-yong kepada Rio Fahmi.

Rio memang bek kanan potensial dan cukup rutin dimainkan Persija Jakarta pada kompetisi Liga 1 2021/22. Bahkan, Rio mampu menggusur posisi dari eks Juventus, Marco Motta. Hanya saja, laga internasional merupakan barang baru untuk Rio, yang jelas masih butuh adaptasi.