Pelatih Ansan Greeners Akui Berat Lepas Asnawi ke Timnas U-23 Indonesia

Pelatih Ansan Greeners, Jo Min-guk, mengakui sangat berat melepas Asnawi Mangkualam ke timnas U-23 Indonesia.

Timnas U-23 Indonesia akan segera berlaga di SEA Games 2021.

Dalam ajang tersebut, nama Asnawi Mangkualam turut terdaftar dalam 20 pemain akhir yang akan berlaga di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

Awalnya Asnawi diragukan gabung karena ajang ini memang bukan agenda resmi FIFA sehingga Ansan berhak untuk tidak mengizinkan pemainnya dilepas.

Namun, pada akhirnya Ansan Greeners memberikan izin kepada mantan pemain PSM itu untuk bergabung dengan timnas U-23 Indonesia.

Pelatih Ansan Greeners, Jo Min-guk, mengaku berat melepas Asnawi. Sebab, dalam beberapa laga terakhir pemain berusia 22 tahun itu sudah mulai bisa beradaptasi di Ansan.

“Ini adalah pertandingan penting, saya tahu beberapa hari yang lalu, tetapi pemanggilan pemain (timnas U-23 Indonesia) sudah 50 hari yang lalu,” kata Jo Min-guk.

“Tidak mudah untuk mengirim (Asnawi), dengan kondisi tim saat ini, tetapi saya sudah mempertimbangkan,” tambahnya.

“Asnawi sudah menyatu dengan tim dan dalam kondisi yang sangat baik, tetapi fans di Indonesia juga ingin dia bermain untuk tim nasional. Saya mengambil keputusan yang sulit,” kata Jo Min-guk.

Jo Min-guk bahkan terang-terangan menunda keberangkatan Asnawi ke Vietnam karena ia merasa timnya masih butuh untuk laga akhir pekan nanti.

Sebab, kondisi Ansan Greeners saat ini sendiri sedang terpuruk. Sejak K League 2 2022 dimulai, Ansan belum sekalipun meraih kemenangan.

“Pihak Indonesia sudah memesan tiket pesawat, tetapi sepertinya saya harus membawannya ke pertandingan melawan Anyang dulu,” kata Jo Min-guk.

Adapun pertandingan Ansan Greeners kontra Anyang akan digelar pada hari Sabtu (7/5/2022) atau sehari setelah timnas U-23 Indonesia berhadapan dengan Vietnam di laga perdana SEA Games 2021.