Park Hang-Seo Sebut Timnas Indonesia U-23 Cuma Kuat Main 60 Menit

Pelatih Vietnam Park Hang-seo memanfaatkan kelemahan fisik pemain timnas Indonesia U-23 untuk meraih kemenangan telak 3-0 pada pertandingan pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Jumat (6/5) malam WIB.

Dalam pertandingan itu, Vietnam mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Indonesia, sehingga babak pertama ditutup dengan skor imban tanpa gol. Vietnam baru bisa menjebol gawnag Indonesia pada menit ke-54 melalui gol Nguyen Lien Tinh, dan diikuti tendangan Do Hung Dung (74), dan Le Van Do (87).

Hang-seo mengungkapkan, tim besutannya berhasil memanfaatkan kelemahan fisik pemain Indonesia untuk memperlebar keunggulan mereka. Pergantian pemain pun menjadi kunci keberhasilan Vietnam menggasak skuad Garuda Muda.

“Pemain lawan mengalami penurunan fisik setelah pertandingan berjalan 60 menit. Di babak pertama, mereka mampu mempertahankan konsentrasi. Saya lalu meminta pemain untuk tetap fokus menjelang babak pertama berakhir,” beber Hang-seo dilansir laman federasi sepakbola Vietnam (VFF).

“Perubahan taktik pertama adalah posisi [Nguyen] Van Tung. Dia striker yang bagus, tapi belum berpengalaman, jadi saya mengganti [Nham] Manh Dung. Yang kedua adalah pergantian posisi Le Van Xuan dan Le Van Do.”

“Biasanya, Van Xuan bergerak di sayap kiri, tetapi saya perhatikan dia juga bermain bagus ketika bergerak ke kanan, jadi dia mengubahnya di babak kedua. Perubahan membawa hasil yang baik, dan kami memiliki pertandingan yang sukses.”

Meski mencatat kemenangan telak, Hang-seo masih belum puas dengan performa tim secara keseluruhan. Menurutnya, seluruh pemain masih memerlukan peningkatan permainan untuk beberapa laga berikutnya.

“Sebetulnya, di tim ini banyak pemain miskin pengalaman [internasional]. Saya masih melihat kesalahan individu di beberapa titik. Kami harus bekerja untuk memperbaiki ini,” ucap Hang-seo.

“Banyak yang bilang kemenangan sangat penting, tapi [menurut saya] proses jauh lebih penting. Pertandingan pertama memang selalu sulit. Hal paling penting adalah pemain telah mencoba memberikan yang terbaik, dan kami mendapatkan hasil bagus.”

“Selanjutnya tim akan berusaha memberikan yang terbaik di pertandingan sisa di grup untuk memperoleh hasil baik.”