Enggan Jadi Tim Musafir Lagi, Persipura Ingin Bermarkas di Jayapura untuk Liga 2

Persipura Jayapura ingin kembali bermarkas di Kota Jayapura setelah pada musim-musim sebelumnya pada kompetisi Liga 1 mereka menjadi tim musafir di luar Papua.

Saat ini, manajemen mereka pun tengah berupaya membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Papua agar bisa diizinkan untuk bermarkas di Stadion Mandala.

Keinginan untuk berkandang di Jayapura karena manajemen tak ingin Persipura menjadi tim musafir lagi seperti pada musim-musim sebelumnya, sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Terlebih, Persipura membutuhkan dukungan langsung dari publik sendiri atau pun para suporter agar bisa tampil maksimal di Liga 2 mendatang.

Manajer Persipura, Yan Permenas Mandenas, mengatakan, pihaknya memohon agar Pemerintah Provinsi mau membuka diri untuk mengizinkan Persipura bermarkas di rumah sendiri.

“Upaya kita juga termasuk mengomunikasikan agar pemerintah provinsi bisa membuka diri untuk kita bisa melakoni laga kandang di sini sebagai tuan rumah, sehingga Persipura bisa menghadapi tim-tim lain di Stadion-stadion kita yang ada di sini,” kata Mandenas

“Saya pikir komunikasi secara personal sudah kita bangun dengan pihak Pemerintah Provinsi, tinggal kita menunggu tanggapan mereka seperti apa. Pada prinsipnya kita berharap jangan melihat Persipura sebagai personal, tetapi kita melihat bahwa Persipura ini adalah identitas orang Papua yang menunjukkan eksistensi kita di dunia sepak bola,” sambungnya.

Mandenas berharap Persipura tak lagi menjadi tim musafir seperti dua musim yang lalu, ketika mereka harus menjadikan Stadion Klabat di Manado sebagai markas sementara.

“Jadi selain menyiapkan pemain dari sekarang, kita juga harus menyiapkan home base agar tidak menghadapi situasi yang seperti musim-musim kemarin berpindah home base, dan kita harus bermarkas di sini karena jangan terjadi lagi seperti yang lalu,” pungkasnya.

Langkah utama yang sedang difokuskan oleh manajemen Persipura saat ini yakni melobi sponsor jelang keikutsertaan di kompetisi Liga 2.

Hal itu dilakukan untuk memperkuat kesiapan mereka dari segi finansial untuk mengontrak dan mendatangkan pemain baru.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan internal bersama manajemen dan menyepakati langkah pertama yang akan dilakukan oleh manajemen yakni menggandeng sponsor.

Pihaknya juga sudah menemui PT Bank Papua dan PT Freeport Indonesia selaku sponsor utama Persipura dalam beberapa musim terakhir.

“Kita sudah bertemu dengan manajer dan langkah pertama kita lebih untuk ke sponsor, PT FI dan Bank Papua dan juga sponsor yang lainnya,” kata Tomi Man.

Manajemen Persipura Jayapura sendiri tidak tinggal diam ketika waktu kick-off kompetisi Liga 2 musim depan makin dekat. Mereka tengah membangun kekuatan.

Sampai saat ini, total baru ada empat nama yang hengkang ke klub lain, sementara pemain yang lain akan tetap dipertahankan buat musim depan.

Ketua Umum Benhur Tomi Mano mengatakan bahwa setelah mendapatkan lampu hijau dari para sponsor, pihaknya akan segera menyodorkan kontrak baru kepada seluruh pemain yang masih bertahan. Pihaknya juga berniat mencari pelatih baru untuk menukangi Persipura.

Benhur tak lupa membeberkan empat pemain yang sudah diizinkan keluar, antara lain Donny Monim, Kevin Rumakiek, Fitrul Dwi Rustapa, dan Todd Rivaldo Ferre.

Manajemen berupaya keras mempertahankan pemain yang masih tersisa. Benhur menegaskan, beberapa pemain masih terikat kontrak selama dua tahun dan sebagian lagi baru akan berakhir pada Mei mendatang.

Manajemen Persipura Jayapura tidak tinggal diam ketika waktu kick-off kompetisi Liga 2 musim depan makin dekat. Mereka tengah membangun kekuatan.

Sampai saat ini, total baru ada empat nama yang hengkang ke klub lain, sementara pemain yang lain akan tetap dipertahankan buat musim depan.

Ketua Umum Benhur Tomi Mano mengatakan bahwa setelah mendapatkan lampu hijau dari para sponsor, pihaknya akan segera menyodorkan kontrak baru kepada seluruh pemain yang masih bertahan.

Pihaknya juga berniat mencari pelatih baru untuk menukangi Persipura. Benhur tak lupa membeberkan empat pemain yang sudah diizinkan keluar, antara lain Donny Monim, Kevin Rumakiek, Fitrul Dwi Rustapa, dan Todd Rivaldo Ferre.

Manajemen berupaya keras mempertahankan pemain yang masih tersisa. Benhur menegaskan, beberapa pemain masih terikat kontrak selama dua tahun dengan Persipura Jayapura dan sebagian lagi baru akan berakhir pada Mei mendatang.