Bedah Kekuatan Penyerang Timnas U-23 Indonesia untuk SEA Games 2021

Timnas U-23 Indonesia membawa enam pemain yang memiliki karakter menyerang untuk SEA Games 2021 di Vietnam.

Namun, dari enam pemain tersebut, hanya ada satu nama yang benar-benar berposisi sebagai penyerang tengah, yakni Muhammad Ridwan.

Striker muda Persik Kediri itu termasuk baru di dalam skuad Garuda. Meski beberapa kali dipanggil mengikuti seleksi timnas U-16 dan U-19, namun belum mendapat kesempatan.

Peluang Muhammad Ridwan menjalani debut bersama timnas U-23 Indonesia semakin besar karena turut diboyong ke Vietnam.

Ia sudah dua kali dimainkan pelatih Shin Tae-yong sebagai starter dalam laga uji coba yang dilakoni skuad Garuda Muda di Korea Selatan.

Pemain dengan 9 penampilan di Liga 1 2021-2022 itu bahkan berhasil mencetak gol di laga debut tak resminya dengan timnas U-23 Indonesia.

Selain Ridwan, Shin Tae-yong juga memiliki penyerang sayap Sabah FC, Saddil Ramdani, yang akhirnya diizinkan untuk membela panji negara.

Kehadiran eks-penyerang Bhayangkara FC itu tentu akan memberi warna baru dalam permainan, utamanya saat menyerang di SEA Games 2021.

Ia dikenal memiliki tembakan kaki kiri yang akurat, juga lihai membuka ruang di sisi sayap sebelum memberikan umpan matang bagi striker.

Nama-nama baru yang ada di lini depan timnas U-23 Indonesia, tampaknya masih belum akan menggeser Witan Sulaeman sebagai andalan Shin Tae-yong.

Pemain yang sempat merumput di Liga Slovakia bersama FK Senica tersebut telah menunjukkan kemampuannya dalam mengacak-acak pertahanan lawan di Piala AFF.

Ia pun telah membuktikan mempunyai insting gol tinggi, sebab setidaknya sudah menciptakan 15 gol untuk timnas Indonesia, baik di level U-19, U-23, maupun tim senior.

Selain ketiga nama yang diprediksi jadi andalan utama, timnas U-23 Indonesia masih memiliki Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, dan Ronaldo Kwateh.

Egy bisa dibilang mirip dengan Witan, tapi bisa berbagi tempat di berbagai sisi serangan.

Sementara Irfan Jauhari dan Ronaldo Kwateh bakal jadi pesaing Ridwan pada pos striker, meski keduanya dapat beroperasi dari sektor sayap serangan. (Skor.id)