Elkan Baggott Tutup Musim Dengan Starter & Pujian Manajer

Pemain blasteran Indonesia Elkan Baggott akhirnya menutup League One musim 2021/22 dengan tampil sebagai starter ketika Ipswich Town mencatat kemenangan telak 4-0 atas Charlton Athletic di Stadiom Portman Road, Sabtu (30/4) malam WIB.

Manajer Kieran McKenna sebelumnya berencana memainkan Kane Vincent-Young bila Cameron Burgess yang dibekap cedera pergelangan kaki tidak pulih tepat waktu. Alih-alih memainkan Vincent-Young, McKenna lebih memilih Baggott tampil sejak menit pertama di sektor kiri pertahanan.

Bagi Baggott, itu menjadi pertandingan pertamanya di Portman Road pada kompetisi League One musim ini. Sebelumnya Baggott tampil di kandang Rotherham United saat Ipswich dibekap 1-0.

Kepercayaan McKenna tidak disia-siakan Baggott. Pemain bernomor punggung 47 ini memperlihatkan performa bagus. Baggott pun dimainkan hingga pertandingan berakhir. Pujian langsung diberikan McKenna yang menilai penampilan Baggott lebih baik dibandingkan laga sebelumnya.

“Saya merasa senang. Itu menjadi langkah maju yang besar buat dibandingkan performa melawan Rotherham. Berkaca dari performanya melawan Rotherham, dia measa senang mendapatkan kesmepatan bermain, tapi merasa masih bisa memberikan lebih di sisi berbeda di laga itu,” tutur McKenna dikutip laman TWTD.

“Tapi itu bisa dimaklumi, karena itu menjadi laga pertamanya [di League One]. Walau begitu, saya menilai dia bermain bagus di pertandingan tersebut. Tapi hari ini (tadi malam) saua pikir dia mulai memperlihatkan karakter yang lebih baik dari kesehariannya [di latihan].”

McKenna membeberkan sejumlah peningkatan yang dicapai Baggott dibandingkan laga sebelumnya. Selain itu, McKenna juga menilai Baggott merupakan pemain yang tepat untuk bertarung dengan stiker lawan, seperti Michael Smith dan Jayden Stockley.

“Dia mulai terlihat percaya diri menguasai bola, lebih berwibawa dalam permainannya, dan menjalankan laga dengan baik. Dia memberikan keseimbangan yang bagus di sisi kiri kami,” beber mantan asisten manajer Manchester United ini.

“Dia sudah menjalani dua pertandingan liga, dan dia harus mengawal [striker lawan seperti] Michael Smith dan Jayden Stockley. Jadi dia benar-benar tepat dalam berurusan dengan striker yang sangat bagus dalam [duel] udara. Itu akan memberinya manfaat yang sangat baik di masa depan.”