Boaz Solossa Pamer Seragam PNS, Ini 5 Pesepak Bola yang Mantap jadi Abdi Negara

Baru-baru ini, Boaz Solossa memamerkan kegiatannya sebagai PNS. Termasuk Boaz, setidaknya ada lima pemain sepak bola yang mantap jadi Abdi Negara.

Setiap tahun, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu dinanti masyarakat.

Satu orang bersaing mengalahkan ribuan kandidat lain untuk mendapatkan status PNS. Konon, status PNS bisa menjanjikan kestabilan hidup dan masa pensiun nanti.

Besarnya daya tarik menjadi PNS juga menarik minat para pemain sepak bola. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil meraih status PNS karena prestasi, tidak perlu susah payah bersaing dalam tes.

Berikut INDOSPORT merangkum lima pesepak bola Indonesia yang berstatus sebagai PNS, baik ketika ia masih aktif bermain, atau saat pensiun dari lapangan.

1. Boaz Solossa

Baru-baru ini, Boaz Solossa memamerkan dirinya mengenakan seragam PNS di akun Instagram. Diketahui, Boaz telah diangkat jadi PNS di tanah kelahirannya, Papua.

Boaz Solossa tercatat aktif berstatus sebagai PNS sejak lulus dari Universitas Cenderawasih pada 2013 lalu. Ia dinas di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua.

Kini, setelah resmi hengkang dari Borneo FC, dan memang masih ada jeda kompetisi Liga 1, Boaz pun kembali aktif di kantornya.

Bagi Boaz sendiri, bekerja sebagai PNS tak terlalu asing, karena mantan striker Timnas Indonesia itu besar di lingkungan keluarga yang bekerja sebagai PNS juga di Papua.

2. Ricardo Salampessy

Mantan kolega Boaz Solossa di Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy diketahui juga berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Pemain yang dikenal punya tendangan bebas yang mematikan ini merupakan PNS di Pemkot Jayapura, sesuai bidang yang ia geluti, yaitu di Dinas Pemuda dan Olahraga.

Bagi Ricardo, pekerjaan sebagai PNS ini bisa menjadi pilihan setelah pensiun dari kancah sepak bola. Meski begitu, ia tetap menomorsatukan sepak bola dan Persipura.

3. Zaenal Arief

Salah satu striker legendaris dari Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Zaenal Arief, beralih menjadi PNS setelah memutuskan tak lagi aktif sebagai pemain sepak bola.

Zaenal Arief bertugas di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung. Pemain yang akrab disapa Kang Abo itu juga sempat terpilih sebagai Duta Pajak Kota Bandung.

“Dari hari Senin sampai Jumat kerjaan saya keliling ke beberapa tempat di Bandung untuk menyosialisasikan pajak, karena itu saya sangat jarang ke lapangan,” ujarnya.

4. Ilham Jaya Kesuma

Mantan kompatriot Zaenal Arif di Timnas Indonesia dan Persita Tangerang, Ilham Jaya Kesuma, juga mantap hijrah menjadi seorang PNS setelah ia resmi gantung sepatu pada tahun 2014 silam.

Peraih gelar top skorer Piala Tiger 2004 itu diketahui bertugas sebagai PNS di Dinas Cipta Karya, Pemkab Tangerang, Banten.

Meski demikian, Ilham nampaknya tak bisa jauh dari sepak bola. Saat ini ia juga masuk di jajaran staf pelatih Persita Tangerang.

5. Okto Maniani

Kembali ke Tanah Papua, ada pesepak bola berpostur mungil tapi ganas, Oktovianus Maniani, yang menarik perhatian saat main di Timnas Indonesia, pada Piala AFF 2010.

Berkat prestasinya yang mentereng, Okto Maniani diberi jabatan sebagai PNS sejak tahun 2016 silam. Okto pun menjadi Abdi Negara di wilayah Raja Ampat, Papua.

Meski begitu, Okto Maniani memilih tidak langsung meninggalkan dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya itu.

Okto Maniani sempat bermain untuk beberapa tim kasta tertinggi dan juga Liga 2, sebut saja Madura United, Perserang Serang, serta Persewar Waropen dan Persiba Balikpapan.