Meski Berat, Ansan Greeners Izinkan Asnawi Mangkualam Bahar Tampil Di SEA Games 2021

Manajemen dan jajaran pelatih Ansan Greeners akhirnya memberikan izin kepada Asnawi Mangkualam Bahar bergabung ke timnas Indonesia c untuk tampil di SEA Games 2021 di Vietnam.

Ansan sebelumnya merasa keberatan harus melepas Asnawi memperkuat timnas U-23, mengingat SEA Games tidak masuk ke dalam kalender FIFA. Selain itu, Asnawi juga menjadi satu-satunya pemain asing yang dapat diturunkan.

Hal itu disebabkan tiga pemain asing lainnya, Canhoto, Robson Duarte, dan Thiago Henrique masih menjalani pemulihan cedera. Dari ketiga pemain itu, Duarte kemungkinan besar bisa dimainkan kala melawan Gyeongnam FC, Selasa (3/5).

Karena itu, Ansan sangat membutuhkan tenaga Asnawi. Ketika dikalahkan Daejon Hana Citizen 2-1, Asnawi diturunkan di pertengahan babak pertama untuk mengisi posisi sayap, dan membuat serangan Ansan lebih hidup. Namun ketika Asnawi dimainkan sebagai fullback kanan di babak kedua, daya dobrak Ansan menurun.

Ansan saat ini belum meraih kemenangan dari 11 laga yang dijalani. Mereka hanya mendapatkan enam hasil imbang, dan lima kekalahan, sehingga berada di dasar klasemen sementara.

Salah seorang ofisial Ansan menyebutkan, mereka mengambil keputusan besar untuk mengizinkan Asnawi memperkuat timnas U-23. Pulihnya Duarte menjadi salah satu pertimbangan Ansan mengambil keputusan tersebut.

“[Mengenai pelepasan Asnawi] Ada kekhawatiran di dalam tim. Tidak mudah untuk mengambil keputusan ini. Tapi setelah melalui berbagai pertimbangan, kami memutuskan mengizinkan Asnawi dipanggil [ke timnas U-23],” ujar salah satu ofisial Ansan kepada Best Eleven.

Kendati demikian, Ansan belum bisa memberikan keputusan mengenai waktu pasti melepas Asnawi ke skuad Garuda Muda. Namun Asnawi akan dimainkan saat menghadapi Gyeongnam.

“Keberangkatan Asnawi [dari Ansan] masih disesuaikan,” tambah ofisial tersebut.

Asnawi sempat bergabung ke timnas U-23 ketika menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan beberapa waktu lalu. Mantan penggawa PSM Makassar ini juga diturunkan melawan Daejon Hana Citizen yang menjadi pertandingan uji coba terakhir tim besutan Shin Tae-yong selama d Korsel.

SEA Games 2021 menjadi yang ketiga buat Asnawi membela armada Merah Putih di multievent dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut. Ia sebelumnya berpartisipasi pada 2017 dan 2019. Pada SEA Gaems 2017, timnas U-23 mendapatkan medali peringgu, dan dua tahun berikutnya menyabet medali perak.

Timnas U-23 menempati Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste pada penyelenggaraan tahun ini.