Kasus Marko Simic Viral, Banyak Pemain Lokal Tuntut Hal Serupa

Polemik antara Marko Simic dengan Persija Jakarta bisa saja turut dirasakan oleh para pemain lokal. Mereka turut merasakan hal serupa.

Seperti diketahui, Simic tengah berseteru dengan Persija. Striker maut berkebangsaan Kroasia ini memutuskan kontrak secara sepihak beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Simic mengklaim bahwa dirinya tidak menerima gaji selama satu tahun lamanya. Kabar ini pun sejatinya sudah dibantah oleh Persija Jakarta.

Melalui presiden klub, Mohamad Prapanca, Persija memastikan dengan nada tegas. Mereka sudah melaksanakan kewajibannya terhadap Marko Simic.

Persija membantah semua tuduhan itu dengan mengeluarkan pernyataan resmi per Kamis (28/4/22). Manajemen sudah membayarkan gaji sesuai Surat Keputusan (SK) PSSI bernomor SKEP/69/XI/2020.

Situasi ini lantas membuat Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) turun gunung. Toh Kasus Marko Simic bisa saja juga dialami oleh pemain lokal.

APPI menyebutkan, sengketa gaji antara pemain dengan klub imbas SK PSSI itu banyak terjadi, namun tidak terekspos. Berbeda dengan Marko Simic, atau Alex Goncalves.

“Pemain lokal banyak juga yang tidak puas saat klub memotong secara sepihak membayar gaji 10-25 persen. Mereka melaporkan ke APPI, lalu APPI somasi ke klub,” ungkap Legal APPI, Riza Hufaida saat berdiskusi dengan PSSI Pers di Twitter.

“Saat tak ketemu, berlanjut ke NDRC. Banyak kasus yang muncul terkait SK PSSI. Bukan cuma asing, pemain lokal juga banyak. Masih ada Alex Alex lain, cuma jalurnya beda. Kalau lokal ke NDRC,” sambung dia.

APPI menilai kasus Marko Simic menjadi pemantik bagi pemain-pemain lain untuk turut bersuara. Tapi, Riza berharap kalau pemain menyelesaikan dahulu kepada klubnya.

“Kami di APPI selalu meminta pemain untuk menyelesaikan dulu dengan klub. Siapa tahu lapor ke manajer jadi ada titik temu,” cetusnya.

“Kalau tak ada, kami kirim surat, tapi konfirmasi dulu. Bukan langsung kasih somasi. Ada yang menjawab, tapi banyak juga yang nggak menjawab,” tutup dia.

Pemain asal Kroasia, Marko Simic, ternyata belum bisa move on dari Persija Jakarta. Sebelumnya Simic membuat geger publik setelah mengaku tidak digaji selama satu tahun oleh tim Macan Kemayoran.

Marko Simic telah resmi hengkang dari Persija Jakarta. Pemain asal Kroasia itu memilih untuk putus kontrak setelah tidak digaji selama satu tahun oleh Persija.

Pengakuan itu diungkapkan oleh Simic dalam postingannya di media sosial Instagram yang diunggah pada Selasa (26/4/22).

“Kami semua berhak mengetahui kebenaran. Dengan berat hati saya harus mengumumkan bahwa saya telah mengakhiri kontrak saya secara sepihak dengan Persija Jakarta,” tulis pemain berusia 34 tahun tersebut.

Simic menegaskan bahwa tim berjuluk Macan Kemayoran itu telah melanggar kontrak lantaran tidak membayar gajinya selama satu tahun.