Elkan Baggott Terancam Tak Main Di Laga Pamungkas League One

Harapan pemain blasteran Indonesia Elkan Baggott tampil di laga pamungkas League One Inggris terancam pupus ketika menjamu Charlton Athletic di Stadion Portman Road, Sabtu (30/4) malam WIB.

Baggott baru sekali membela tim senior ketika menjalani debutnya di League One sebagai starter saat dikalahkan tuan rumah Rotherham United 1-0 pada pertengahan bulan ini. Saat itu Baggott menggantikan peran Cameron Burgess yang terkena akumulasi kartu.

Selepas itu, Baggott tidak mendapatkan kesempatan bermain lagi. Nama remaja berusia 19 tahun ini ini hanya masuk ke dalam daftar susunan pemain tanpa pernah diturunkan di dua laga berikutnya.

Kans untuk kembali mencicipi bermain di League One sebetulnya cukup terbuka, karena Burgess terancam absen akibat mendapatkan cedera ringan di pergelangan kaki ketika menjalani latihan. Namun manajer Kierran McKenna telah menyiapkan pemain lain untuk mengisi posisi bek tengah.

McKenna mempertimbangkan untuk memainkan Kane Vincent-Young jika Burgess tidak pulih tepat waktu. Sinyal yang disampaikan mantan asisten manajer Manchester United itu membuat Baggott sepertinya akan memanaskan bangku cadangan lagi.

“Kami mempunyai opsi berbeda untuk posisi bek tengah jika Cameron tidak pulih pada waktunya,” ungkap McKenna dikutip laman East Anglian Daily Times.

“Kami punya Kane Vincent-Young yang dalam kondisi bugar. Dia tidak dimainkan ketika melawan Rotherham. Kane sudah mengikuti latihan bersama kami di dua posisi bek tengah (kanan dan kiri).”

“Saya akan berbicara dengan tim medis, dan bakal menentukan keterlibatan mereka di pertandingan, apakah dimasukkan dari bangku cadangan atau kemungkinan tampil sebagai starter.”

Situasi ini makin menguatkan indikasi Baggott dipinjamkan ke klub lain pada musim depan. McKenna ingin memberikan kesempatan kepada Baggott mendapatkan menit bermain lebih banyak jika ia bergabung dengan klub lain.

Sementara dengan berakhirnya League One 2021/22, Baggott berpeluang bergabung ke timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam. Apalagi McKenna sudah mengagendakan progam pramusim yang dimulai Juni.