Asnawi Mangkualam Sekadar ‘Numpang Lewat’ Dalam TC Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 mendapat tambahan tenaga jelang melakoni uji coba kontra Daejeon Hana Citizen. Asnawi Mangkualam sudah bergabung dengan skuad Garuda Muda.

Sebetulnya timnas Indonesia U-23 sudah menggelar pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sejak 16 April 2022. Akan tetapi, Asnawi baru diizinkan klubnya Ansan Greeners mengikuti agenda tersebut pada Selasa (26/4).

Pertandingan melawan Daejeon Hana Citizen merupakan uji coba terakhir timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan. Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong sudah menghadapi Andong Science College dan Pohang Steelers.

“Intinya sangat senang bergabung di sini, walaupun gabung di uji coba terakhir melawan Daejon [Hana]. Setelah itu, saya akan kembali ke Ansan [Greeners], baru tanggal 3 [Mei] bergabung dengan [Tim U-23] di Vietnam untuk SEA Games [2021],” kata Asnawi dikutip laman resmi PSSI.

“Besok uji coba saya main, sambil menunggu informasi [dari Ansan] bisa atau tidak gabung [ke timnas U-23] tanggal 3 [Mei]. Jadi saya berikan yang terbaik untuk Indonesia.” Asnawi menambahkan.

Kemenangan menjadi target yang dipatok Asnawi dalam uji coba melawan Daejeon Hana Citizen. Ia meyakini hasil positif tersebut bisa mendongkrak semangat timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021.

“Agar pemain percaya diri saat bertanding melawan Vietnam nanti di laga pembuka SEA Games. Dan tentunya agar semua pemain dalam motivasi yang bagus, setelah menjalani TC yang cukup lama di sini,” ucapnya.

SEA Games 2021, menjadi yang ketiga buat Asnawi membela armada Merah Putih. Ia sebelumnya berpartisipasi dalam ajang tersebut pada 2017 dan 2019.

“Pertama, saya dapat perunggu (Malaysia 2017), lalu perak tahun 2019 kemarin (Filipina), dan semoga kali ini emas,” ujar mantan pilar PSM Makassar tersebut.

Pada SEA Games 2021, timnas Indonesia U-23 menempati Grup A. Adapun lawan yang dihadapi adalah tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.