SEA Games 2021, Pelatih Ansan Greener Ragu Lepas Asnawi ke Timnas U23 Indonesia

Pelatih Ansan Greeners, Cho Min-kook, masih ragu melepas Asnawi Mangkualam ke timnas U23 Indonesia yang akan mengikuti SEA Games 2021 pada Mei mendatang.

Setidaknya terdapat tiga faktor yang kemungkinan menjadi penyebab Cho Min-kook ragu melepas Asnawi Mangkualam ke timas U23 Indonesia.

Pertama, SEA Games 2021 tidak termasuk dalam agenda resmi FIFA. Alhasil, Ansan Greeners berhak tidak mengizinkan Asnawi Mangkualam ke timnas U23 Indonesia.

Kedua, tiga pemain asing Ansan Greeners asal Brasil, yakni Anderson Canhoto, Robson Duarte, dan Thiago Henrique, saat ini mengalami cedera.

Dikutip dari Sports Chosun, Thiago Henrique kemungkinan harus menepi selama delapan pekan karena menderita cedera ligamen engkel.

Di sisi lain, Canhoto belum pulih setelah naik meja operasi sementara Robson Duarte masih menderita cedera otot.

Alasan ketiga yang kemungkinan membuat Cho Min-kook ragu melepas Asnawi Mangkualam ke timnas U23 Indonesia adalah Ansan Greeners saat ini masih terpuruk di dasar klasemen kasta kedua Liga Korea Selatan (K-League 2).

Dari 11 pertandingan K-League 2 musim ini, Ansan Greeners masih belum meraih kemenangan dan sudah menelan lima kekalahan.

Dengan kondisi skuad saat ini, Cho Min-kook khawatir Ansan Greeners akan melemah jika melepas Asnawi Mangkualam ke timnas U23 Indonesia.

“Jika saya melepas Asnawi, saya takut kekuatan Ansan Greeners akan melemah,” kata pelatih Ansan Greeners Cho Min-kook dikutip BolaSport.com dari Sports Chosun.

“Namun, jika saya tidak melepas Asnawi, saya khawatir soal (respons) Shin Tae-yong,” ujar Cho Min-kook menambahkan.

Musim ini, Asnawi Mangkualam tercatat sudah tampil sembilan kali membela Ansan Greenres dengan tiga di antaranya sebagai starter.

Sama seperti tahun lalu, Asnawi Mangkualam yang merupakan seorang bek kanan juga sering ditempatkan sebagai winger musim ini.

Asnawi Mangkualam adalah salah satu dari enam pemain “asing” Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk agenda SEA Games 2021.

Lima nama lainnya adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica/ Slovakia), Witan Sulaeman (FK Senica), Pratama Arhan (Tokyo Verdy/ Jepang), Elkan Baggott (Ipswich Town/ Inggris), dan Saddil Ramdani (Sabah FC/ Malaysia).

Dari enam nama di atas, Saddil Ramdani menjadi satu-satunya pemain yang sudah dipastikan tidak bisa memenuhi panggila Shin Tae-yong.

Saddil Ramdani terpaksa absen karena tidak mendapatkan izin dari timnya.

Di sisi lain, PSSI sebelumnya sudah pernah mengonfirmasi bahwa Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam, mendapatkan izin dari tim masing-masing untuk memperkuat timnas U23 Indonesia.

Namun, PSSI melalui Yunus Nusi selaku Sekretaris Jenderal Federasi masih belum bisa memastikan waktu Egy Mualana Vikri, Witan, dan Asnawi, bergabung.

Adapun timnas U23 Indonesia asuhan Shin Tae-yong saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan.

Pemusatan latihan di Korea Selatan itu dijadwalkan berlangsung sampai 29 April mendatang.

Setelah pemusatan latihan di Korea Selatan selesai, timnas U23 Indonesia nantinya akan pulang ke Tanah Air terlebih dahulu sebelum terbang ke Vietnam untuk mengikuti SEA Games 2021.

Timnas U23 Indonesia akan memulai perjuangan mereka di SEA Games 2021 dari Grup A bersaing dengan Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan tuan rumah Vietnam.

Skuad Garuda Muda nantinya akan terlebih dahulu menghadapi Vietnam yang juga berstatus sebagai juara bertahan SEA Games pada laga pertama Grup A.

Pertandingan Vietnam vs timnas U23 Indonesia dijadwalkan berlangsung pada Jumat (6/5/2022). (Bagas Reza Murti/Komps)