Thomas Doll Dulu ke Indonesia Bareng Dortmund, Sekarang ke Persija

Thomas Doll pernah datang ke Indonesia sebagai Manajer Borussia Dortmund pada 2007. Sekarang ia kembali ke Tanah Air menjadi Pelatih-Manajer Persija Jakarta.

Persija akhirnya mengakhiri teka-teki siapa yang akan menjadi pelatih baru mereka. Thomas Doll ditunjuk menjadi pelatih anyar untuk menangani tim di Liga 1 2022.

Beberapa nama sempat dispekulasikan akan mengisi kursi kosong yang ditinggal Sudirman. Beberapa di antaranya adalah Paul Munster dan sejumlah pelatih asal Korea yang salah satunya Park Choong-kyun.

Presiden Persija Mohamad Prapanca sempat berjanji akan segera mengumumkan pelatih baru sebagaimana diungkapkan pada pertengahan April lalu. Setelah sekian lama berlalu, akhirnya nama Thomas Doll yang diumumkan.

Pria asal Jerman itu pernah menangani sejumlah klub asal negaranya. Yakni Hamburger SV, Borussia Dortmund, hingga Hannover 96. Serta beberapa klub lainnya seperti Gen├žlerbirli─či, Al-Hilal, Ferencvaros, dan Apoel.

Saat menangani Dortmund, Thomas Doll pernah berkesempatan datang ke Indonesia. Saat itu Dortmund menggelar laga uji coba melawan Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno pada, 19 Desember 2007.

Dortmund yang membawa pemain-pemain terbaiknya, saat itu hanya menang 1-0 atas Timnas Indonesia. Die Borussen menang berkat gol semata wayang yang dicetak Mladen Petric lewat eksekusi tendangan penalti.

Adapun kebersamaan Thomas Doll di Dortmund cuma bertahan semusim. Ia mengundurkan diri dari jabatannya setelah Dortmund cuma mengakhiri kompetisi di peringkat ke-13 Bundesliga 2007/2008. Posisinya kemudian digantikan oleh Juergen Klopp.

Setelah berlalu selama hampir 15 tahun, Thomas Doll kini kembali ke Indonesia. Persija memberikan kontrak selama tiga tahun buat pria 56 tahun untuk posisi pelatih-manajer.

“Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan salah satu tim besar di Indonesia. Tentu saya sangat berhasrat bisa membawa Persija ke level yang lebih tinggi. Saya sudah tak sabar untuk memimpin latihan di Jakarta,” kata Thomas Doll di laman Persija.

Bersama Persija, Thomas Doll punya tugas berat untuk mengembalikan tim di papan atas Liga 1. Musim sebelumnya, Macan Kemayoran gagal total dengan hanya menempati peringkat ke-8 BRI Liga 1 2021.