Persis Solo Perkenalkan Tim Putri, Rekrut Bintang Timnas

PSSI memperkenalkan AFC Licensing Regulation Standard yang harus dipenuhi oleh oleh setiap klub profesional. Salah satu persyaratannya adalah membentuk tim putri.

Persis Solo sebagai satu di antara tim promosi ke BRI Liga 1 siap untuk membangun klub putri profesional demi mengarungi kompetisi musim depan. Kompetisi itu memang akan dijalankan kembali setelah sempat vakum.

Persis Solo berkomitmen dalam pembentukan tim putri Persis Women ini dan menunjukkan keseriusannya agar turut aktif dalam pengembangan dan pembinaan yang sama dengan tim profesional pria.

Rasiman selaku pelatih kepala Persis Youth dan juga ditunjuk sebagai Head Project Persis Women ini mengungkapkan bahwa tim ini dibentuk secara serius dan bisa turut mengembangkan sepak bola wanita di Indonesia.

“Persis Solo akan menjadi The First Professional Women’s Football Team di Indonesia. Kita akan memberikan kontrak professional jangka panjang dan ini adalah bentuk keseriusan kita. Semoga ini dapat menjadi efek domino terhadap pengembangan sepak bola wanita di Indonesia,” katanya.

Sudah Punya 14 Pemain

Rasiman mengungkapkan sudah ada sekitar 14 pemain tim nasional putri Indonesia yang sudah mereka kontrak untuk dibawa ke Persis Women. Demi memberikan kesempatan yang lebih luas kepada putri daerah dan pemain lain yang ingin bergabung, PERSIS Women akan melaksanakan seleksi terbuka untuk menambah kekuatan tim.

“Sejauh ini sudah ada sekitar 14 pemain tim nasional yang kita rekrut, setengah dari skuad keseluruhan PERSIS Women,” ujarnya.

“Kita juga merekrut pemain asli Solo untuk dibawa ke tim ini. Nah, ke depannya Prrsis Women akan melaksanakan seleksi terbuka untuk menambah kekuatan tim dan memberikan kesempatan seluruh pemain yang ada di Indonesia dan putri daerah Solo khususnya. Tujuannya agar kita juga bisa mendapatkan bibit baru lainnya,” sambung Rasiman.

Lebih lanjut, Rasiman berharap Persis Women bisa bersaing secara kompetitif di ranah profesional. Rasiman berharap agar tim ini berusaha mendapatkan kesempatan bermain di Women’s Asia Champions League.

Pengembangan lebih lanjut terhadap pemain juga dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan klub Eropa agar pemain sepak bola putri di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan bermain di luar negeri.

Tiga Rekrutan Pertama

Persis Women memperkenalkan 3 rekrutan pertamanya, yakni Shafira Ika Putri, Riska Aprilia dan Bunga Syifa Fadillah. Shafira Ika Putri yang sebelumnya membela Arema Women dan berhasil membawa tim tersebut meraih Juara 3 Piala Pertiwi 2021/2022 mengungkapkan bahwa keseriusan Persis dalam membentuk tim wanita menjadi alasannya ingin bergabung dengan Persis Women.

“Persis menunjukkan keseriusannya dalam membentuk tim wanita, salah satunya ialah memberikan kontrak jangka panjang, pembinaan yang lebih serius dan membuat saya semakin yakin untuk bergabung,” lanjut pemain yang akrab disapa Ika tersebut.

Tidak hanya itu, Persis Women juga melakukan perekrutan terhadap bibit asli dari Solo demi mengembangkan pemain asli daerah. Bunga Syifa Fadhillah yang sebelumnya pernah mengikuti TC Timnas putri untuk Kualifikasi Piala Asia 2022 ini merasa senang bisa bergabung dan berharap akan ada lebih banyak lagi pemain dari Solo mendapatkan kesempatan bergabung bersama tim.

“Harapannya sih dengan dibentuknya Persis Women ini dapat menambah semangat pemain-pemain sepakbola putri, khususnya di Solo. Semoga dapat lebih mengembangkan dan menemukan bibit-bibit lainnya selaku putri asli daerah Solo,” tutupnya.