Alasan Aji Santoso Datangkan Striker Jebolan Liga Santri Minim Pengalaman ke Persebaya

Persebaya Surabaya baru saja mengumumkan perekrutan pemain baru untuk musim depan. Kali ini, mereka secara resmi mendatangkan Januar Eka, mantan striker Badak Lampung per Kamis (21/4/2022).

Keputusan Persebaya merekrut pemain satu ini terbilang unik. Sebab, Januar Eka tercatat tak pernah berkarier di Liga 1. Minimnya pengalaman di kasta tertinggi tentu akan membuatnya beradaptasi secara ekstra di Bajul Ijo.

Akan tetapi, pelatih Persebaya, Aji Santoso, memiliki alasan khusus dalam membuat keputusan merekrut Januar Eka sebagai striker lokal timnya untuk Liga 1 musim depan.

“Dia masih muda dan saya melihat ada kualitasnya. Posturnya Januar juga ideal sebagai striker. Menurut saya, dia merupakan pemain yang punya prospek bagus. Semoga bisa berkembang di Persebaya,” kata Aji Santoso kepada Bola.com.

Januar Eka sendiri tercatat sebagai pemain jebolan Liga Santri. Dia sempat menjadi santri di Ponpes Manahijussadat Lebak pada jenjang SMP hingga lulus SMA. Hal itu membuatnya aktif dalam turnamen antar pesantren.

Setelah lulus dari pondok pesantren, Januar Eka Ramadhan yang mendapatkan beasiswa untuk kuliah, melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) di STKIP Rangkasbitung.

Kariernya di dunia sepak bola dimulai dengan memperkuat Persipan Pandeglang pada musim 2018-2019. Saat itu, Januar Eka harus puas hanya berkiprah di Liga 3 zona Banten.

Baru pada musim 2020, Januar Eka berkesempatan tampil di Liga 2 dengan bergabung Cilegon United FC. Sayang, musim itu ditiadakan akibat pandemi. Klubnya itu kini juga telah berganti nama menjadi RANS Cilegon FC.

Pemain kelahiran Cilegon itu musim lalu membela Badak Lampung di Liga 2 2021 dan membukukan tiga gol dari tujuh laga. Sayang, klub yang dulunya bernama Perseru Serui itu malah terdegradasi ke Liga 3 musim depan akibat menduduki dasar klasemen grup B.

Januar Eka tercatat sebagai pemain ke-16 yang bakal menjadi bagian Persebaya Surabaya untuk musim 2022/2023. Sebelumnya, sebanyak 11 pemain telah diumumkan.

Delapan di antaranya adalah anggota skuat musim lalu. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Andhika Ramadhani, Satria Tama, I Gede Dida, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Alwi Slamat, dan Muhammad Hidayat.

Lalu, terdapat empat pemain yang dipromosikan dari tim Elite Pro Academy, yaitu Deni Agus, Arief Catur, Risky Dwiyan, dan M. Widi Syarief. Januar Eka merupakan pemain keempat yang direkrut Persebaya dari klub lain setelah Andre Oktaviansyah, Mochamad Zaenuri, dan Leo Lelis. (Bola.com)