Akui Belum Siap, Persib Pastikan Tidak Ikut Piala Walikota Solo

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, belum mendapatkan kabar resmi mengenai turnamen Piala Walikota Solo yang rencananya akan berlangsung usai Idul Fitri, tepat sebelum kick-off Liga 1 2022-2023.

Turnamen Piala Walikota Solo sebenarnya akan dilaksanakan pada 2021, namun batal digelar. Sehingga, rencananya baru digelar tahun ini usai lebaran.

Meski begitu, jika turnamen tersebut resmi kick-off setelah Idul Fitri, Robert menyebut Persib dipastikan bakal absen lantaran belum siap untuk bertanding.

Sebagai informasi, setelah berakhirnya Liga 1 2021-2022, aktivitas latihan Persib langsung diliburkan. Para pemain dikumpulkan kembali untuk persiapan menyambut musim depan pada pertengahan Mei nanti.

“Yang pertama, saya belum tahu apakah benar ada Piala Walikota (Solo),” kata Robert Rene Alberts kepada wartawan, Kamis (21/4/22).

“Jika baru memulai latihan, tentunya kami tak akan langsung mengikuti kejuaraan apa pun, karena tim memang belum siap,” cetusnya.

Pelatih berpaspor Belanda ini menambahkan, periode pramusim akan dimaksimalkan untuk mematangkan persiapan Persib, sehingga ketika kompetisi bergulir skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal.

“Dalam masa pramusim, kami harus tegas bahwa itu dimanfaatkan untuk membuat tim siap tampil di kompetisi (Liga 1),” ungkap Robert Rene Alberts.

Sebelum kompetisi dimulai, Robert sudah merancang program yang akan diterapkan dalam sesi latihan Persib Bandung. Materi tersebut akan diberikan secara bertahap kepada para pemain.

“Tim harus memiliki rencana beberapa pekan menjelang liga dimulai dan membangun kekuatan dari awal,” ungkap Robert Rene Alberts.

“Pada dasarnya dimulai dari aerobik, membentuk stamina dasar. Karena jika tidak melakukan itu maka nantinya bisa dilihat akan banyak pemain yang cedera,” jelasnya.

Robert kembali menegaskan, Persib tidak akan terburu-buru untuk berpartisipasi dalam turnamen yang digelar dalam waktu dekat.

Pasalnya, dipastikan kondisi anak asuhnya belum siap untuk bertanding, apalagi menjelang kick-off Liga 1 2022-2023, Maung Bandung melakukan perubahan komposisi pemain.

Sejauh ini, sudah ada 12 pemain yang dilepas setelah berakhirnya Liga 1 2021-2022 dan Persib Bandung baru mendatangkan lima amunisi baru.

“Saya tidak tahu apa pun mengenai turnamen Piala Walikota Solo, tapi tentunya kami tidak akan berpartisipasi jika digelar terlalu dini,” kata Robert Rene Alberts.

“Mengenai Piala Walikota, saya harus menyatakan opini profesional saya bahwa pramusim dilakukan untuk membangun tim, bukan untuk memainkan turnamen terlalu dini,” tuturnya.

Meski begitu, peluang Persib untuk mengikuti turnamen pramusim masih tetap terbuka, dengan catatan kondisi tim kebanggaan Bobotoh sudah cukup siap untuk bertanding.

“Jadi pertama-tama di masa pramusim kami akan membangun dasar kekuatan pemain dan setelah itu baru mungkin akan melihat kemungkinan mengikuti 1-2 turnamen mini,” tegasnya.

Sementara itu, Robert Rene Alberts memastikan timnya bakal memulai latihan pada pertengahan Mei mendatang, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan.

“Kami baru akan memulai latihan di hari Senin tanggal 16 (Mei),” kata mantan pelatih PSM Makassar tersebut, Rabu (20/4/22).

Meski skuat Maung Bandung akan berlatih pada 16 Mei, namun pemain harus sudah datang dan berkumpul di Bandung sepekan sebelum aktivitas latihan tim.

Pasalnya, sebelum pemain beraktivitas kembali bersama Persib, mereka akan menjalani serangakaian tes terlebih dulu untuk mengetahui kondisi kebugaran pasca-liburan.