Semakin Matang di Senja Karier, Leonard Tupamahu Masih Punya Misi

Penampilan bek senior Bali United, Leonard Tupamahu, tak meredup walau ia telah memasuki usia 38 tahun dan dianggap telah melewati masa emas sebagai seorang pesepak bola profesional.

Leonard Tupamahu terus menjadi palang pintu tangguh bagi Bali United. Terbukti, kontribusinya mampu membawa Bali United meraih back-to-back gelar juara Liga 1 2021-2022.

Sepanjang musim lalu, Leonard Tupamahu berhasil main sebanyak 29 kali dengan mencetak 1 gol dan 1 assist.

Permainan lugas dan tak kenal kompromi bek kelahiran Jakarta tersebut membuatnya mengoleksi 5 kartu kuning dan 1 kartu merah sepanjang musim lalu.

Berduet bersama bek asal Brasil, William Pacheco, lini pertahanan Serdadu Tridatu susah ditembus pemain lawan.

Ia bersyukur masih bisa menjaga konsistensi permainan pada usia tak lagi muda. Sekaligus, ia senang karena selalu mendapat kepercayaan dari pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

“Tidak banyak orang yang bisa bertahan di level teratas pada usia 38 tahun. Artinya sangat besar buat saya,” ungkap pemain yang mengawali karier sepak bolanya bersama Persija Jakarta tersebut.

“Pada usia tidak lagi muda, saya bersyukur masih ada tim sebesar Bali United yang mau pakai jasa saya.”

“Saya sangat bersyukur karena coach Teco (Stefano Cugurra) pelatih yang tidak memandang usia. Siapa yang bagus dan siap di latihan, dia main,” imbuh pria kelahiran 9 Juli 1983 tersebut.

Leonard pun mengaku masih belum puas meski sudah dua kali membawa Bali United meraih prestasi tertinggi di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Ia ingin memberikan keceriaan lagi bagi suporter Bali United dengan meraih prestasi di level domestik maupun Asia.

Apalagi, musim depan Bali United akan berlaga di kompetisi antarklub Asia, AFC Cup 2022.

Leonard Tupamahu juga memiliki jam terbang cukup tinggi di kompetisi antarklub Asia.

Ia pernah merasakan atmosfer Liga Champions Asia (LCA) pada 2011 bersama Arema.

“Target saya mau memberikan keceriaan yang lebih lagi buat keluarga, keluarga di Bali United, dan suporter Bali United secara keseluruhan,” ucap mantan pemain .

Saat ini Leonard Tupamahu memilih menghabiskan waktu bersama keluarga di masa jeda menjelang kompetisi Liga 1 2022 bergulir.

Terkait pemain baru yang kemungkinan akan segera bergabung bersama Bali United ia berharap mereka dapat menciptakan suasana persaingan yang kompetitif serta cepat beradaptasi dengan kondisi tim.

“Siapapun nanti yang datang, dia harus cepat beradaptasi sama apa yang jadi taktik dari coach (Stefano Cugurra),” pungkasnya.