Serupa tapi Tak Sama, Fabio Fortes Kembaran Carlos Fortes Incaran Arema FC

Arema FC nampaknya belum bisa move on dari Carlos Fortes karena sedang dikaitkan dengan perburuan penyerang lain asal Portugal yakni Fabio Fortes.

Kabar burung ini semakin kencang berembus setelah pelatih Eduardo Almeida kedapatan sedang turun gunung menyaksikan pertandingan kasta kedua Liga Portugal, tempat Fabio Fortes saat ini bermain.

Sejalan dengan bocoran dari manajer tim berjuluk Singo Edan, M Ali Rifki yang mengungkapkan bahwa pengganti Carlos Fortes adalah pilihan pelatih dan belum pernah main di Indonesia.

“Siapa pun yang datang, bagi kami pemain itu pasti dibutuhkan oleh pelatih. Bagi kami, semua pemain yang ada di tim adalah bintang,” kata Manajer Arema, M Ali Rifki.

Terlepas dari desas desus yang berkembang, Fabio Fortes sudah membuat cerita karena punya banyak persamaan dengan Carlos Fortes.

Fabio Fortes dan Carlos Fortes sama-sama lahir dan besar di Lisboa, Portugal.

Keduanya pun hanya terpaut dua tahun saja, Fabio Fortes lahir 6 Maret 1992 sedangkan Carlos Fortes lahir 9 November 1994.

Pemain asing Arema FC Carlos Fortes saat pertandingan pekan 28 Liga 1 2021-2022 melawan Persik Kediri yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Minggu (27/2/2022) malam.

Pemain asing Arema FC Carlos Fortes saat pertandingan pekan 28 Liga 1 2021-2022 melawan Persik Kediri yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Minggu (27/2/2022) malam.(KOMPAS.com/SUCI RAHAYU)

Selain memiliki latar belakang yang sama, mereka juga memilih model rambut yang sama, yakni dreadlocks.

Dari postur tubuh pun keduanya tidak jauh berbeda karena hanya terpaut 2 cm. Fabio Fortes punya tinggi 186 cm sedangkan Carlos Fortes 188 cm.

Saat dilihat dari belakang, keduanya nyaris identik. Hanya saja Fabio Fortes punya postur tubuh yang lebih kecil dari Carlos Fortes yang punya badan tegap dan kekar.

Soal karier, keduanya memiliki perjalanan yang juga nyaris sama.

Carlos Fortes memulai kariernya sebagai penyerang Timnas Portugal U-20.

Namun dalam perjalanannya, ia lebih banyak membela klub kasta kedua Portugal dengan pengalaman mencicipi kasta tertinggi Liga Romania, Liga Maroko, kasta ketiga Turki dan kasta keempat Liga Spanyol.

Sedangkan Fabio Fortes memulai karier profesional bersama dengan klub kasta tertinggi Portugal, Vitoria Guimaraes SC pada 2011.

Namun selama setahun, ia banyak dipinjamkan ke klub kasta kedua seperti CD Trofense dan SC Mirandela.

Pada musim 2012, ia diturunkan ke klub satelit Vitoria Guimaraes SC yang bermain di kasta kedua Liga Portugal Vitoria Guimaraes SC B.

Setelah itu, dari musim 2012 hingga 2016 ia melanglang buana ke klub-klub Portugal, mulai dari Santa Maria FC, Lusitanos FCV dan Castelo Branco.

Fabio Fortes mulai menunjukkan eksistensinya pada saat membela Penafiel yang mentas di kasta kedua Liga Portugal.

Ia membela Penafiel dari 2016 sampai 2018 dengan catatan 81 kali tampil, 20 gol dan empat assist.

Pada musim 2018, ia hijrah ke klub Liga Portugal 2 lainnya, yakni FC Aurora. Di sana ia bermain selama dua musim dengan 40 penampilan 11 gol dan tiga assist.

Setelah itu pada musim 2020 ia mencoba petualangan baru ke Liga Romania bersama FC Hermannstadt.

Ia tampil 12 kali dan mencetak 1 gol dari 15 pertandingan FC Hermannstadt di kasta tertinggi Liga Romania.

Sayang, timnya gagal menembus fase selanjutnya dan terdegradasi ke kasta kedua untuk musim 2022 ini.

Setelah itu Fabio Frotes kembali ke Liga Portugal 2 bersama Coimbra.

Berdasarkan catatan dari Transfermartk, ia hanya menjadi penyerang pelapis selama musim 2021-2022 ini.

Ia tampil sebanyak 10 kali dengan catatan 156 menit saja, atau sekitar 15 menit setiap pertandingannya.

Meski demikian, dengan waktu main yang terbatas, ia mampu mencetak dua gol dan satu assist.