PSSI Pastikan Egy dan Witan Perkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games

PSSI memastikan pemain yang bermain di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam diizinkan oleh klubnya membela Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021, Vietnam, bulan Mei mendatang.

Timnas Indonesia U-23 memang tengah fokus menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan. Pemusatan latihan ini sebagai rangkaian persiapan menuju SEA Games 2021 di Vietnam pada bulan Mei mendatang.

Untuk pemusatan latihan ini Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-23 memanggil 29 pemain.

Namun dari 29 pemain memang belum semua bergabung dalam pemusatan latihan di Korea Selatan. Bahkan satu naman, Ramai Rumakiek dipastikan dicoret dari daftar pemain karena tak kunjung datang.

Tak hanya itu pemusatan latihan kali ini juga belum diikuti oleh pemain yang bermain di luar negeri seperti Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman serta Pratama Arhan.

Untuk dua pemain yakni Saddil Ramdani (Sabah FC) dan Elkan Baggott (Ipswich Town) telah memberi pernyataan tak akan melepas pemainnya.

Hal ini karena ajang SEA Games 2021 tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub berhak menolak untuk melepas pemainnya.

Akan tetapi, Shin Tae-yong mendapat kabar baik untuk pemain lainnya. Yakni Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi dipastikan turut serta karena mendapat izin dari klubnya.

“Untuk Egy, Witan dan Asnawi mereka dilepas oleh timnya,” ucap Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada INDOSPORT.

Namun saat disinggung apakah ketiga pemain ini akan bergabung di Korea Selatan atau di Indonesia, Yunus masih melakukan komunikasi dengan pemain tersebut.

“Untuk hal ini kami masih melakukan komunikasi dengan pemain tersebut,” pungkas Yunus Nusi.

Seperti diketahui Timnas Indonesia U-23 berada di Korea Selatan hingga 29 April mendatang. Nantinya mereka akan kembali ke Indonesia sebelum bertolak ke Vietnam.

Keinginan Shin Tae-yong Sudah Sangat Jelas

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong angkat suara mengenai salah satu calon lawan skuat Garuda Muda di SEA Games 2021, yakni sang tuan rumah Vietnam.

Timnas Indonesia U-23 memang akan bersua Vietnam di ajang SEA Games 2021. Keduanya sama-sama tergabung di grup A dan akan bersaing bersama Filipina, Myanmar dan Timor Leste.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Vietnam di laga perdana. Laga ini disinyalir tidak akan mudah bagi Timnas Indonesia U-23.

Pada edisi SEA Games 2019 kedua tim bertemu di final. Saat itu, skuad Garuda Muda kalah telak 0-3 sehingga gagal mendapat medali emas.

Menanggapi hal ini, Shin Tae-yong sebagai pelatih tentu ingin meraih kemenangan. Terlebih perseteruan Indonesia dan Vietnam memang kerap seru.

“Tujuannya, tentu saja, untuk menang. Apa lagi yang dibutuhkan,” kata Shin Tae-yong dilansir dari media Korea Selatan, Chosun, Senin (18/04/22).

Rasa optimis Shin Tae-yong untuk meraih kemenangan atas Vietnam bukan tanpa alasan. Sebab dia menilai Timnas Indonesia mengalami peningkatan selama pemusatan latihan di Korea Selatan.

“Para pemain banyak belajar dan berkembang saat berlatih di Korea Selatan. Saya mencoba mengeluarkan kemampuan para pemain,” terang Shin Tae-yong.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga ingin membawa Marc Klok dkk. berprestasi di SEA Games kali ini.

Timnas Indonesia U-23 Masih Punya Stok 4 Winger Hebat

Berikut empat winger hebat yang bisa menjadi pengganti Saddil Ramdani dan Ramai Rumakiek untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia U-23 yakni Shin Tae-yong resmi mencoret Saddil Ramdani dan Ramai Rumakiek untuk mengikuti SEA Games di Vietnam pada Mei 2022 mendatang.

Sebelumnya, Shin Tae-yong telah memanggil kedua pemain tersebut untuk pemusatan latihan (TC) proyeksi SEA Games 2021 di Jakarta dan Korea Selatan.

Namun Saddil Ramdani harus mengubur mimpi untuk kembali berseragam Garuda lantaran mendapatkan larangan dari klub Liga Super Malaysia, Sabah FC.

Bukan tanpa alasan, Sabah FC melakukan hal tersebut lantaran masih membutuhkan tenaga Saddil di pertandingan awal musim 2022. Apalagi ajang SEA Games juga tidak masuk ke dalam kalender FIFA.