Menpora: Andil Suporter Besar untuk Kesuksesan Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyampaikan apresiasi kepada seluruh suporter Indonesia.

Sebab suporter telah menjadi penentu keberhasilan bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Liga 1 dan Liga 2 musim ini.

Menurut Zainudin Amali, suporter Indonesia bisa melawan diri dan mengubah kebiasaan mereka, untuk sabar terus menonton dari rumah.

Selama pandemi Covid-19, memang banyak pihak yang tak menyetujui jalannya kompetisi sepak bola jika dihadiri para penonton.

Hal itu dikarenakan kasus Covid-19 yang masih cukup tinggi dan ditakutkan adanya penyebaran virus jika suporter ikut datang ke stadion.

“Di awal banyak yang meragukan, mencibir, dan mengatakan macam-macam,” ucap Zainudin.

“Tetapi memang yang berat titik awalnya adalah ketika saya harus menjamin secara tertulis dan juga Ketum PSSI, sebuah turnamen harus dengan prokes ketat dan tanpa penonton.”

“Alhamdulillah awal kesuksesan dengan terselenggaranya turnamen pramusim (Piala Menpora) tersebut kita ada pengalaman untuk Liga 1 dan Liga 2,” ia menjelaskan.

Menpora mengaku, salah satu keberhasilan penyelenggaraan itu adalah dengan patuhnya suporter mentaati aturan pemerintah dan federasi.

“Apresiasi kepada seluruh suporter karena yang tadinya diperkirakan tidak mungkin, banyak yang meragukan, ternyata bisa,” ucap Zainudin.

“Dengan komunikasi yang baik, saya yakin semua bisa, mereka patuh, bukan saja tidak datang ke stadion tetapi mendekat, berkumpul nobar pun tidak, semua mendukung dari rumah.”

Publik dan semua pihak menyadari bahwa kehadiran penonton adalah semangat bagi pemain dan klub serta semaraknya pertandingan.

Oleh karenanya, dalam UU No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, suporter diatur secara khusus menyangkut hak dan kewajibannya.

Menurut Zainudin, pertandingan tanpa penonton seperti ada sesuatu yang hilang. Ia berharap pada kompetisi musim depan suporter sudah bisa masuk stadion.

“Nanti kita duduk bersama dengan PSSI dan pihak-pihak untuk membahasnya. Sekali lagi apresiasi kepada seluruh suporter,” ucap Menpora.

“Dan untuk PSSI di usianya yang ke-92 kita warnai dengan hal-hal positif dan prestasi yang ditunggu oleh masyarakat kita,” ia menjelaskan. (skor.id)