Reaksi Elkan Baggott Usai Debut Bersama Ipswich Town

Pemain timnas Indonesia Elkan Baggott sangat senang bisa mencetak debut di skuad utama Ipswich Town. Ia pun mengaku akan selalu mengenang momen tersebut.

Baggott dipercaya tampil ketika Ipswich Town melawan Rotherham United pada lanjutan League One. Pertandingan tersebut dilangsungkan Stadion AESSEAL, Sabtu (16/4).

Sayang, dalam pertandingan tersebut Ipswich Town gagal mendapat poin. The Tractor Boys dikalahkan Rotherham United lewat gol semata wayang yang diukir Michael Smith pada menit ke-78.

Kendati begitu, Baggott menunjukkan permainan yang oke. Bek berusia 19 tahun tersebut yang dipercaya bermain sebagai starter tidak diganti hingga pertandingan selesai.

“Hari yang akan selalu saya ingat,” tulis Baggott dalam unggahan akun Instagram miliknya.

Debut Baggott bersama Ipswich Town juga mencetak sejarah tersendiri. Ia menjadi pemain Indonesia pertama yang tampil dalam kompetisi profesional di Inggris.

Sebetulnya Baggott merupakan pemain Ipswich Town U-23. Akan tetapi, ia diberikan promosi dan debut bersama skuad utama karena pelatih Kieran McKenna terkesan performa yang ditunjukkannya selama latihan.

Akibat kesengsem dengan penampilannya, McKenna memutuskan tidak mengizinkan Baggott membela timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021. Ia masih butuh jasa pemain kelahiran Thailand tersebut.

Selain itu, SEA Games juga tidak masuk kalender resmi FIFA. Alhasil, klub tak punya kewajiban untuk melepas pemainnya yang dipanggil memperkuat negaranya.

Dalam SEA Games 2021, timnas Indonesia U-23 menempati Grup A. Pasukan Garuda Muda bakal menghadapi tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.