Penjelasan APPI Mengenai Riki Dwi Saputro yang Diperkenalkan Dua Tim Sekaligus

Kejadian menarik mewarnai bursa transfer Liga 1 2022. Ada pemain berposisi penyerang yang diperkenalkan oleh dua tim sekaligus yakni PSS Sleman dan Persekat Tegal.

Riki Dwi Saputro adalah pemain Persekat Tegal yang diperbantukan sebagai pemain pinjaman ke PSS Sleman pada putaran kedua Liga 1 2021-2022.

Pada Jumat (15/4/2022) lalu, PSS Sleman melalui laman media sosialnya mengumumkan bahwa pemain 27 tahun tersebut tetap menjadi bagian tim untuk Liga 1 2022.

Tak lama berselang giliran pihak Persekat Tegal yang juga mengumumkan bahwa ia mendapatkan perpanjangan kontrak.

Hal itu menjadi sorotan karena dua klub mengonfirmasi perpanjangan kontrak Riki Dwi Saputro pada hari yang sama dan waktu yang berdekatan.

Kegaduhan ini pun membuat APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia) ikut turun tangan.

Setelah melakukan investigasi dan menelaah lebih jauh, badan pelindung pemain profesional Indonesia itu mengungkapkan bahwa kasus ini cuma masalah komunikasi.

APPI menemukan fakta bahwa pemain kelahiran 20 Februari 1995 saat ini terikat kontrak dengan salah satu klub. Namun dalam kontraknya terdapat klausul yang memperbolehkan pindah ke klub lain.

Artinya mantan pemain PSPS Pekanbaru itu diperbolehkan membuka negosiasi dengan klub lain meskipun masih punya kontrak.

“Terkait status kontrak pemain Riki Dwi Saputro, APPI telah berkomunikasi dengan pihak-pihak yang bersangkutan.”

“Statusnya Riki dalam ikatan kontrak dengan salah satu klub.”

“Namun ada kesepakatan yang memperbolehkan ia pindah ke klub lain,” tulis APPI dalam rilis resminya melalui Instagramnya, Minggu (17/4/2022) siang.

APPI mengungkapkan masalah ini sudah ditindaklanjuti dan dalam proses penyelesaian. Adapun hasilnya nanti akan diumumkan kemudian oleh pihak yang bersangkutan.

“Hanya masalah miskomunikasi dan dalam waktu dekat akan terselesaikan dengan baik,” demikian pernyataan APPI.

Riki Dwi Saputro memang layak menjadi rebutan karena kontribusinya terhadap kedua tim.

Selama Liga 2 2021 ia nyaris mengantarkan Persekat tegal ke babak 8 besar melalui sembilan pertandingan dengan menyumbangkan satu gol.

Kemudian ia diboyong pelatihnya dari Persekat tegal, I Putu Gede, yang mendapatkan kesempatan menukangi PSS Sleman setelah putaran kedua Liga 1 2021-2022.

Riki Dwi Saputro cocok dengan permainan tim berjuluk Super Elang Jawa. Dia tampil 14 kali dengan kontribusi dua gol dan empat assist.