Menerka Formasi Arema FC untuk Musim Depan, Ada Perubahan Apa?

Arema FC telah menegaskan niatan membangun skuat penuh bintang untuk mengarungi Liga 1 2022/23. Mereka sudah mendatangkan tujuh pemain lokal baru, dan mungkin bakal bertambah sebelum kompetisi dimulai.

Meski mengubah 50 persen komposisi dari skuad musim lalu, kerangka starting eleven masih dihuni banyak pemain lama, terutama di lini belakang.

Sektor pertahanan Arema FC musim lalu terbilang kukuh. Singo Edan jadi tim dengan jumlah kebobolan kedua paling sedikit, yakni 25 gol. Mereka hanya kalah dari Persib Bandung yang finis di posisi runner-up.

Namun, untuk menambah kekuatan di lini serang, ada beberapa wajah baru yang diselipkan. Pemain seperti Evan Dimas, Adam Alis, dan beberapa nama lain diprediksi jadi starting eleven musim depan.

Kali ini, Bola.com mencoba mengutak-atik formasi baru Arema FC. Jadi berpatokan dari formasi pakem Eduardo Almeida, Arema FC sering bermain dengan formasi 4-3-3. Kemungkinan hanya ada perubahan di lini tengah, di mana sebelumnya Arema FC menggunakan dua hingga tiga gelandang bertahan, kini ada opsi memasang pemain yang bertipikal lebih menyerang.

Kiper

Adilson Maringa masih tidak tergantikan. Kiper asal Brasil ini bisa menjadi kekuatan Singo Edan. Dia menjadi kiper dengan jumlah penyelamatan ketiga terbanyak. Dia melakukan 87 penyelamatan gemilang.

Selain itu, Maringa membuat 14 kali clean sheet. Wajar jika dia akan tetap menjadi kiper utama Arema FC pada musim depan.

Sementara untuk pelapis, ada Teguh Amiruddin. Kiper binaan Akademi Arema ini juga tampil apik ketika menjadi pengganti pada musim lalu.

Teguh bermain lima kali dan mencatatkan tiga clean sheet. Jadi Arema FC punya dua kiper tangguh untuk musim depan.

Wajar jika manajemen mengaku tidak akan menambah kiper berpengalaman lagi. Tapi, setelah melepas kiper ketiga, Andriyas Francisco, ada kemungkinan Singo Edan menambah kiper lagi dari akademi Arema.

Lini Pertahanan

Sektor pertahanan Arema FC juga tidak akan berubah. Kuartet Rizky Dwi, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, dan Ahmad Alfarizi bakal menghiasi starting eleven musim depan. Empat pemain ini juga sudah menandatangani perpanjangan kontrak.

Bedanya, musim depan pelapis pemain bertahan tidak akan beda jauh kualitasnya. Ada Hasim Kipuw dan Andik Rendika Rama yang didatangkan dari PSM Makassar dan Madura United.

Sementara itu, dua pelapis lainnya dari skuad musim lalu, ada Ikhfanul Alam dan Achmad Figo. Kemungkinan Arema FC menambah pemain belakang lagi, tapi dari akademi Arema.

Lini Tengah

Sektor ini kemungkinan banyak berubah komposisinya. Praktis hanya gelandang asal Jepang, Renshi Yamaguchi, yang akan bermain secara reguler. Sementara Evan Dimas akan menjadi partner baru yang bertugas menjadi playmaker tim.

Selain itu, ada kemungkinan Adam Alis diposisikan sebagai gelandang serang. Meski Adam bisa bermain di posisi sayap, tapi Singo Edan akan lebih membutuhkan tenaganya di lini tengah karena sektor sayap Arema FC sudah dibanjiri pemain berkualitas.

Namun, ada opsi lain jika Aream FC ingin lebih dominan di lini tengah. Gelandang serang Gian Zola bisa menjadi opsi. Ketika lini tengah butuh tambahan pemain bertahan, ada Jayus Hariono.

Intinya pelatih Eduardo Almeida punya banyak pilihan pemain di tengah tergantung lawan yang akan dihadapi. Berbeda dengan musim lalu, di mana Arema FC lebih banyak memiliki gelandang bertahan ketimbang gelandang serang.

Lini Depan

Sementara untuk lini depan, sebenarnya Arema FC masih menunggu seorang striker asing pengganti Carlos Fortes. Namun, meski belum ada kandidat kuat yang muncul, barisan striker dan sayap lokal Singo Edan sudah mumpuni.

Berada di sayap kanan, ada pemain sarat pengalaman, Dendi Santoso. Sementara di ujung tombak bisa mengandalkan M. Rafli, dan di kini akan ada Kushedya Hari Yudo. Meski pada musim lalu sering menepi karena cedera, Yudo masih bisa menjadi pilihan utama pada musim depan.

Namun, ada opsi trisula lain yang bisa dipasang, di mana ada Dedik Setiawan, Hanis Saghara Putra, dan Ilham Udin Armaiyn. Komposisi ini juga tidak kalah menakutkan untuk pertahanan lawan. Meski musim lalu mereka minim gol, kualitas ketiganya tidak perlu diragukan.

Prediksi Starting Eleven Arema FC

Formasi: 4-3-3

Kiper: Adilson Maringa

Belakang: Rizky Dwi, Sergio Silva, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi

Tengah: Evan Dimas, Renshi Yamaguchi, Adam Alis

Depan: Dendi Santoso, M. Rafli, Kusheyda Hari Yudo.

Pelatih: Eduardo Almeida.