Ipswich Town Dipastikan Gagal Promosi ke Divisi Championship, Elkan Baggott Bisa Main di SEA Games 2021?

Musim Ipswich Town berakhir setelah kekalahan dari Rotherham United, Elkan Baggott bisa dilepas ke timnas Indonesia U-23.

Elkan Baggott berpotensi memperkuat timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 seturut kabar buruk yang menimpa Ipswich Town.

Elkan Baggott baru saja mencicipi debut di tim senior Ipswich Town saat bertandang ke Rotherham United, Sabtu (16/4/2022).

Meski Elkan Baggott bermain solid dalam laga tersebut, Ipswich Town tetap harus menelan kekalahan 0-1 dari Rotherham United.

Kemenangan itu membawa Rotherham United ke zona promosi otomatis ke Divisi Championship, sekaligus mengakhiri musim Ipswich Town.

Dengan kekalahan 0-1, Ipswich Town dipastikan tak bisa menembus zona play-off promosi.

Ipswich Town saat ini mengoleksi 65 poin, berjarak 11 poin dari Sunderland di peringkat enam hanya dengan tiga pertandingan sisa.

Dengan begitu, Ipswich Town asuhan Kieran McKenna dipastikan hanya akan menjalani tiga pertandingan lagi, tanpa ada agenda play-off promosi.

Kabar baik bagi Indonesia, tiga laga sisa Ipswich Town tersebut akan tuntas pada bulan April.

The Blues akan menghadapi Wigan Athletic pada 20 April, Crewe Alexandra pada 23 April, serta Charlton Athletic pada 30 April.

Adapun pertandingan timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 baru akan digelar pada 6 Mei, yaitu melawan Vietnam.

Artinya, Elkan Baggott memiliki jeda satu pekan untuk memulihkan diri dan terbang menuju Vietnam.

Jika merunut pelatih Ipswich Kieran McKenna, Elkan memang dilarang bergabung timnas Indonesia U-23.

Namun, pernyataan McKenna berikut menegaskan Elkan dibutuhkan Ipswich sampai musim berakhir.

“Elkan telah terlibat dalam beberapa skuat belakangan ini dan dan berlatih bersama kami (tim utama) untuk waktu yang lama,” tutur McKenna (7/4/2022).

“Jadi sangat penting kami memilikinya (tidak melepasnya) sampai akhir musim,” tegasnya.

Satu hal yang pasti, musim Ipswich akan berakhir pada 30 April, atau pekan terakhir League One 2021/22.

Dengan demikian, Elkan Baggott dalam posisi luang alias tanpa agenda pada bulan Mei, sehingga seyogianya bisa membela Merah Putih di SEA Games 2021.

Shin Tae-yong saat ini terpaksa memanggil dua pemain timnas U-19, Kakang Rudianto dan M Ferarri, untuk menambal pos bek tengah.