Penjelasan di Balik Keputusan Persebaya Rekrut Dua Palang Pintu Baru

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menegaskan timnya tak asal bergerak dalam bursa transfer jelang Liga 1 2022-2023.

Menurut Aji Santoso, semua pemain yang dilepas dan direkrut Persebaya semuanya sudah melalui pertimbangan yang panjang dan masak.

Aji Santoso menegaskan semua aktivitas transfer Persebaya ditimbang berdasarkan evaluasi besar pada akhir kompetisi Liga 1 2021-2022.

Contohnya mengenai perekrutan dua bek tengah asal dua klub yang terdegradasi, Leo Lelis (Persiraja Banda Aceh) dan Mochammad Zaenuri (Persela Lamongan).

Perekrutan Leo Lelis sempat menciptakan tanda tanya. Sebab, Persebaya harus melepaskan Alie Sesay yang menjadi benteng utama tim di Liga 1 musim 2021-2022 lalu.

Aji Santoso menyakinkan perekrutan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tim Persebaya Surabaya saat ini.

Pada Liga 1 musim lalu, Persebaya Surabaya mencetak 56 gol, namun kebobolan 35 kali. Jumlah kemasukan Persebaya adalah yang terbanyak di antara penghuni lima besar klasemen Liga 1 2021-2022.

Di sisi lain, tim beralias Bajul Ijo mencatatkan 13 clean sheet dari 34 pertandingan, sebuah indikasi bahwa lini belakang pasukan Aji Santoso punya masalah konsistensi.

“Ya, justru saya mendatangkan pemain-pemain baru ini supaya pertahanan ingin lebih bagus lagi,” tutur Aji Santoso, pelatih berlisensi AFCPro.

“Kita kemarin okelah tim bagus, tapi kan juga di pertahanan bermasalah. Makanya saya ambil pemain asing baru,“ ujarnya menjelaskan.

Hingga saat ini, Persebaya sudah melepaskan 10 pemain dan baru memperkenalkan tiga personel anyar, yakni Leo Lelis, Zaenuri, dan Andre Oktaviansyah.

Di samping itu, staf pelatih Persebaya kini tengah sibuk melakukan seleksi pemain-pemain muda dari tim internal.

Aji Santoso mengungkapkan seleksi pemain internal Persebaya Surabaya juga bagian dari rencana untuk membentuk fondasi tim musim depan.

“Saya tadi sudah berkomunikasi dengan manajer dan juga asisten pelatih. Ada beberapa pemain yang nanti tanggal 9 Mei saya suruh ikut latihan.”

“Ya sekitar 3-4 pemain yang itu menurut saya sudah luar biasa bagus. Kami menyeleksi 2 hari bisa mendapatkan 4 pemain. Ada yang berposisi bek dan juga gelandang,” tuturnya menutup pembicaraan.