Ikut Turnamen Toulon, Timnas Indonesia U-19 Masuk Grup Apa?

Timnas Indonesia U-19 bakal berpartisipasi pada Turnamen Toulon. Ajang tersebut dijadikan sebagai rangkaian persiapan armada Garuda Muda jelang bermain di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Turnamen Toulon bakal dilangsungkan di Prancis, 29 Mei hingga 12 Juni mendatang. Ada 12 negara yang dibagi menjadi tiga grup ambil bagian dalam turnamen tersebut.

Grup A dihuni tuan rumah Prancis, Argentina, Panama, dan Arab Saudi. Kemudian Grup B diisi timnas Indonesia U-19, Ghana, Meksiko, serta Venezuela, lantas Grup C ada Jepang, Kolombia, Aljazair, dan Komoro.

Mengirimkan timnas Indonesia U-19 buat berpartisipasi di turnamen Toulon bukan pertama kali dilakukan PSSI. Terakhir kali skuad Merah Putih bermain dalam ajang tersebut pada 2017.

Ketika itu, timnas Indonesia U-19 menempati posisi juru kunci klasemen. Dari tiga pertandingan yang dimainkan melawan Brasil U-20, Republik Ceko U-20, dan Skotlandia U-20 selalu berakhir dengan kekalahan.

Meski menuai hasil negatif timnas Indonesia U-19 tetap bisa merasa bangga tampil di turnamen Toulon. Ajang tersebut dikenal banyak mengorbitkan banyak bakat dunia.

Bukan itu saja, sama seperti turnamen Toulon edisi 2017, pada tahun ini timnas Indonesia U-19 menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara. Keadaan tersebut membuktikan sepakbola Tanah Air menjadi magnet tersendiri untuk penyelenggara.

Selain itu, pada turnamen Toulon 2017, timnas Indonesia U-19 mendapat gelar individual. Egy Maulan Vikri meraih penghargaan Jouer Revelation Trophee.

Penghargaan itu diberikan kepada Egy karena dinilai sebagai pemain yang paling berpengaruh di tim. Sejumlah pemain top dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane juga pernah meraih gelar tersebut.

Saat ini timnas Indonesia U-19 masih berada di Korea Selatan. Selama berada di negara tersebut Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan menjalani sembilan pertandingan uji coba.