Daftar Tim Lolos Piala Asia Futsal 2022: Sang Raja Amankan Tempat, Indonesia Salah Satu Penantang

Timnas Iran berhasil mengamankan satu tempat di putaran final Piala Asia Futsal 2022 Kuwait yang akan berlangsung pada September mendatang.

Dengan demikian, Iran berpeluang kembali mempertegas status “raja” futsal Asia atau tim tersukses dalam sejarah Piala Asia Futsal.

Di samping itu, timnas futsal Indonesia datang sebagai salah satu penantang bersama negara-negara lain yang berhasrat memutus dominasi Iran.

Iran dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022 setelah menjadi juara Grup A kaulifikasi zona selatan dan tengah.

Selama berjuang di babak kualifikasi, Iran tampil perkasa dengan torehan sembilan poin dari tiga pertandingan.

Mereka pun mampu mencetak total 28 gol dan hanya kebobolan satu kali dalam tiga laga tersebut.

Iran secara berurutan berhasil memetik kemenangan atas Maladewa (17-0), Turkmenistan (3-0), dan Kirgiztan (8-1).

Tak sendirian, Iran kemudian lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022 bersama Turkmenistan yang finis di peringkat kedua klasemen Grup A kualifikasi zona selatan dan tengah.

Turkmenistan menempati peringkat kedua berkat torehan enam poin dari tiga pertandingan.

Di samping Iran dan Turkmenistan, terdapat dua tim lain dari zona selatan dan tengah yang telah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022.

Kedua tim yang dimaksud adalah Uzbekistan dan Tajikistan. Mereka lolos setelah menempati dua posisi teratas di klasemen Grup B kualifikasi zona selatan dan tengah.

Uzbekistan memuncaki klasemen dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Tajikistan berada di peringkat kedua berkat torehan empat poin.

Raihan poin Tajikistan sejatinya sama dengan Afghanistan yang menduduki peringkat ketiga. Namun, mereka berhak finis di peringkat kedua berkat keunggulan selisih gol.

Timnas Futsal Indonesia berjuang dalam ajang Piala AFF Futsal 2022 di Bangkok, Thailand.

Timnas Futsal Indonesia berjuang dalam ajang Piala AFF Futsal 2022 di Bangkok, Thailand.(Dok. PSSI)

Kelolosan empat tim dari zona selatan dan tengah sekaligus melengkapi daftar negara yang telah dipastikan tampil pada putaran final Piala Asia Futsal 2022.

Sebelumnya, zona Asia Tenggara sudah menemukan tiga wakil untuk berkompetisi pada Piala Asia, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Sementara itu, dari zona barat terdapat Lebanon, Arab Saudi, Irak, Bahrain dan Oman.

Mereka nantinya bakal berjuang merengkuh gelar Piala Asia Futsal 2022, sekaligus memutus dominasi Iran yang telah menjadi juara dalam dua edisi terakhir (2016 dan 2018).

Namun, kini ada tiga tempat sisa di putaran final Piala Asia 2022 yang masih akan diperebutkan.

Ketiga tempat sisa itu bakal diperebutkan oleh negara-negara yang tergabung di kualifikasi zona timur.

Jepang selaku pesaing utama Iran di kejuaraan futsa Asia, merupakan salah satu negara yang tergabung di kualifikasi zona timur tersebut.

Berikut daftar tim yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022:

Kuwait (tuan rumah)
Lebanon
Arab Saudi
Irak
Bahrain
Oman
Indonesia
Thailand
Vietnam
Iran
Turkmenistan
Uzbekistan
Tajikistan