Alasan Kevin Rumakiek Tinggalkan Persipura

David Kevin Rumakiek sudah menyatakan akan meninggalkan Persipura Jayapura, klub yang telah ia bela sejak kompetisi Liga 1 2017 lalu. Kevin tak lagi memperkuat tim Mutiara Hitam karena kontraknya telah berakhir.

Selain tak ada perpanjangan kontrak, Kevin beralasan hengkang dari Persipura karena ingin mencari tantangan baru dalam kariernya di klub lain.

“Iya benar, kontrak saya di Persipura sudah habis dan saya juga ingin mencari tantangan baru,” kata Kevin saat dihubungi awak media INDOSPORT, Rabu (13/04/22).

Kakak kandung bintang tim nasional Indonesia, Ramai Rumakiek itu mengakui telah diminati oleh sejumlah klub kontestan di Liga 1.

“Memang benar sudah ada tawaran dari klub lain juga,” ujar Kevin.

Hanya saja, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu tak mau membocorkan klub mana saja yang tertarik untuk menggunakan jasanya.

“Kalau soal klub yang tertarik itu saya belum bisa kasih kabar akan ke mana,” ungkapnya.

Sebelumnya, manajemen Persipura Jayapura buka suara soal status dua bersaudara, David Kevin Rumakiek dan Ramai Rumakiek. Manajemen membeberkan jika Kevin sudah memutuskan pamit dari klub, sedangkan sang adik, Ramai masih akan dipertahankan.

Manajemen Persipura melalui Ketua Umum Benhur Tomi Mano dalam rilis yang diterima awak media belum lama ini mengatakan, kontrak Kevin di Persipura sudah berakhir.

Perihal tersebut, Kevin sudah meminta surat keluar dan berpamitan dengan manajemen klub secara baik-baik.

“Kevin Rumakiek kontraknya sudah habis. Dia sudah datang dan pamit secara baik-baik kepada kami. Kita doakan semua yang terbaik untuk Kevin, semoga Tuhan selalu memberkati dia,” kata Tomi Mano.

Manajemen juga sekaligus mengklarifikasi kabar atau rumor yang beredar bahwa Ramai akan menyusul meninggalkan Persipura. Tomi Mano menyebutkan, Ramai masih akan dipertahankan karena kontraknya di Persipura masih berjalan.

“Sebenarnya yang pergi adalah Kevin Rumakiek, sang kakak, sementara Ramai Rumakiek masih dengan kita, karena kontraknya masih berjalan, dan tidak bisa kita lepas karena tenaganya masih sangat kita butuhkan,” jelasnya.

Sekadar diketahui, sampai saat ini sudah enam pemain yang meninggalkan Persipura. Selain Kevin Rumakiek dan Doni Monim, empat di antaranya adalah legiun asing. Mereka yakni Yevhen Bokhashvili, Hedipo Gustavo, Takuya Matsunaga dan Ramiro Fergonzi.

Keempatnya bersama pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera, harus meninggalkan Persipura karena terbentur regulasi Liga 2 yang tak bisa menggunakan jasa pelatih dan pemain asing.

Persipura Jayapura harus segera mencari pelatih anyar sebelum mengarungi kompetisi kasta kedua. Pasalnya, mereka harus kehilangan Angel Alfredo Vera dan empat pemain asingnya karena terbentur regulasi Liga 2.

Kabar tersebut lantas memunculkan pertanyaan siapa sosok yang akan menggantikan posisi Alfredo Vera, menukangi tim berjulukan Mutiara Hitam itu di Liga 2.

Saran pun muncul dari pecinta Persipura yang mendorong agar manajemen menunjuk salah satu legenda mereka, Eduard Ivakdalam sebagai pelatih baru.

Mantan kapten dan gelandang nomor 10 Persipura itu pun memiliki kriteria yang layak untuk menjadi suksesor Alfredo Vera. Pasalnya, saat ini legenda yang akrab disapa Edu itu telah mengantongi lisensi A AFC.