Saddil Ramdani Minta Masyarakat Indonesia Setop Hujat Sabah FC

Netizen Tanah Air berbondong-bondong menghujat Sabah FC usai tidak melepas Saddil Ramdani ke timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021. Merasa kurang senang dengan aksi tersebut, pesepakbola berusia 23 tahun itu meminta warganet menghentikannya.

Saddil menjadi satu di antara dari 29 pemain yang dipanggil timnas Indonesia U-23 buat proyeksi SEA Games 2021. Akan tetapi, Sabah FC tak memberikan izin ia memperkuat skuad Garuda Muda.

Sontak keputusan Sabah FC melarang Saddil menuai reaksi negatif dari netizen Tanah Air. Ada yang menilai klub asal Malaysia tersebut sengaja menahan eks Bhayangkara FC itu untuk melemahkan kekuatan timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Namun, Sabah FC memberikan klarifikasi menahan Saddil karena masih butuh tenaganya. Selain itu, SEA Games 2021 tidak masuk kalender FIFA sehingga klub tak wajib melepas pemainnya ke tim nasional.

“Teman-teman saudaraku dan khususnya masyarakat Indonesia yang meminta saya untuk balik ke timnas, tolong sudahi bahasa atau komentar yang tidak seharusnya diucapkan ke tim Sabah FC dan manajemen atau pelatih kami,” tulis Saddil dalam Instagram Stories miliknya.

“Tim Sabah FC atau manajemen tidak mencekal atau membuat alasan yang menurut teman-teman semua saya tidak diperbolehkan inilah itulah jangan sampailah seperti itu mohon ya, tapi kami semua berusaha mengikuti aturan yang ada. Sabah dan saya tidak ada masalah jadi janganlah beranggapan tim kami tidak melepas atau bahasa yang kurang positif.”

Selain itu, Saddil merasa absennya dalam SEA Games 2021 tidak membuat kekuatan timnas Indonesia U-23 menjadi lemah. Menurutnya, armada Shin Tae-yong tetap kuat karena dihuni para pemain yang oke.

“Saya bukan pemain istimewa saya pemain sama halnya dengan orang di luar sana yang biasa-biasa saja dan tidak perlu diharapkan lebih banyak. Indonesia mempunyai banyak pemain berkualitas bahkan jauh lebih baik ketimbang saya.”

“Jadi saya meminta tolong untuk tidak perlu membahas soal ini karena saya tidak mau situasi yang tidak enak berada di tim kami karena saya. Kalian perlu tahu pelatih kami bekerja secara profesonal dan memperlakukan kami sebagai anak didiknya secara netral, saling dukung dan sanga peduli satu sama lain.”

Walau absen, Saddil memastikan tetap mengasih dukungan penuh buat timnas Indonesia U-23 di SEA Games. Dalam ajang tersebut armada Merah Putih menempati Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

“Saya sendiri saja yakin dengan pelatih maupun pemain timnas Indonesia apalagi kalian saudara-saudaraku.”