Berangkat atau Tidak, Kemenpora Akan Putuskan Nasib Timnas Futsal ke SEA Games 2021 Hari Ini

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memberangkatkan Timnas futsal putra ke SEA Games 2021 Vietnam. Namun keputusan baru akan ditentukan, Rabu (13/04/22).

Setelah jadi runner-up Piala AFF futsal 2022, Timnas Futsal Indonesia berpeluang besar berpartisipasi ke SEA Games. Hanya saja, ada sedikit perbedaan pendapat dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti menjelaskan FFI justru meminta agar tim futsal putri yang diberangkatkan.

Namun, Kemenpora hanya merekomendasikan untuk mengirimkan tim futsal putra yang punya rekam jejak prestasi yang jelas.

‚ÄúRekomendasi awal putra karena hitungan prestasi jelas. Putra tidak masalah dan siap untuk kita berangkatkan,” buka Chandra.

“Tapi federasinya memaksa mengirimkan putri, padahal jauh dari prestasi. Kita obyektif, berdasarkan data,” imbuhnya.

Sejatinya, Keberangkatan tim futsal putra sudah diputuskan sejak tanggal 31 Maret menurut Chandra.

Karenanya, Kemenpora akan melakukan rapat bersama FFI dan tim review esok hari untuk memutuskan keberangkatan tim futsal ke SEA Games 2021.

Chandra menegaskan, tidak ada cabang olahraga yang berangkat secara mandiri ke multievent dua tahunan Asia Tenggara itu.

“Putra sudah didaftarkan. Sebelum masuk final Piala AFF, sudah diputuskan dalam 31 Maret. Sudah diajukan biayanya. Dari KOI sudah diusulkan dan besok kita rapatkan,” jelas Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali menyatakan, pengiriman kontingen SEA Games 2021 berdasarkan keputusan Tim Review.

Paradigma baru pengiriman atlet-atlet untuk multi even internasional mengacu pada road map pembinaan olahraga sesuai UU Keolahragaan No 11 Tahun 2022 dan Perpres No 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Sudah dipelajari tim review, kalau menurut tidak dikirim, maka tidak dikirim. Tidak ada pengaruh ke federasi olahraga terkaitnya. Tidak ada yang berangkat mandiri,” ujar Menpora.

“Semua yang berangkat harus review. Kalau hasil bagus, kita biayai untuk berangkat. Kalau review tidak diizinkan, tidak berangkat. Walau mandiri, karena mereka tidak terdaftar karena kami yang mendaftarkan berangkat,” tuntas Menpora.

Indonesia mengirimkan 476 atlet pada 31 cabang olahraga ke SEA Games Vietnam.

Jumlah tersebut hampir separuh lebih sedikit dari jumlah atlet yang tampil pada SEA Games 2019 Filipina, yakni 841 atlet.

Selain karena keterbatasan anggaran, langkah itu juga ditempuh karena pemerintah ingin mengubah paradigma terkait SEA Games, yang hanya menjadi sasaran antara menuju Asian Games dan kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Timnas Futsal Indonesia Dapat Bonus

Artis sekaligus youtuber ternama, Atta Halilintar, memberikan bonus kepada skuat Timnas Futsal Indonesia yang jadi runner-up di Piala AFF Futsal 2022.

Dalam momen tersebut, Atta nampaknya juga menyampaikan sindiran soal timnas tak diikutkan ke SEA Games 2021.

Timnas Futsal Indonesia dilaporkan sudah tiba di tanah air, Senin (11/04/22). Hal ini disampaikan langsung lewat unggahan Federasi Futsal Indonesia di akun Instagram-nya.

Kepulangan pasukan Mohammad Hashemzadeh tersebut disambung hangat oleh para pendukung yang hadir di Bandara Soekarno Hatta.

Para pendukung menyanyikan lagu-lagu chants di sepanjang jalur kedatanngan timnas Futsal Indonesia.

Mereka membentangkan spanduk berupa ungkapan rasa bangga atas pencapaian timnas sebagai runner-up di ajang AFF Futsal Championship 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand.