VAR Sulit Diterapkan Mulai Liga 1 2022, Asisten Wasit Tambahan Kembali Jadi Solusi

Video Assistant Referee (VAR) tampaknya sulit diterapkan dalam waktu dekat. Liga 1 2022-2023 kemungkinan besar masih menggunakan jasa asisten wasit tambahan.

Kompetisi sepak bola kasta teratas Indonesia, Liga 1, disarankan memakai teknologi pembantu wasit berupa VAR.

Teknologi itu dinilai bisa mengurangi kontroversi yang ditimbulkan dari keputusan sang pengadil di lapangan.

Dengan VAR, wasit bisa melihat lebih jelas momen-momen yang terjadi dalam pertandingan sebelum membuat keputusan.

Berkaitan dengan hal tersebut, PSSI dan operator kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB), sebenarnya sudah merencanakan jauh-jauh hari soal penerapan VAR.

Namun, menurut Direktur PT LIB Sudjarno, pemakaian VAR dalam waktu dekat kemungkinan sulit diterapkan karena beragam alasan.

Baginya untuk menerapkan VAR sendiri membutuhkan banyak hal dari sisi finansial, infrastruktur, hingga SDM-nya.

“Kalau untuk VAR ini kan sebenarnya kami sedang on progres ya dan sedang mempersiapkan. Kalau saya mengikuti perkembangannya kami inginkan VAR itu cepat bisa diterapkan, tapi kan tidak semudah itu juga,” ujar Sudjarno, dikutip dari BolaSport, Senin (11/4/2022).

“Bukan hanya dari sisi finansial mahal, tetapi juga mempersiapak sumber dayanya itu juga harus disiapkan juga karena tidak bisa hanya alat saja,” imbuhnya.

“Jadi harus ada SDM-nya juga, terus kepelatihannya dan lisensi, dan lain sebagainya itu juga menjadi bagian yang sedang digarap oleh PSSI,” ucap Sudjarno.

Merujuk pernyataan Sudjarno, untuk musim depan (2022-2023), Liga 1 sepertinya belum akan menggunakan VAR.

Sebagai alternatif, asisten wasit tambahan akan kembali ditugaskan untuk membantu penglihatan wasit utama.

“Kami ya pastinya berharap bisa lebih cepat lebih bagus. Tapi kalau tidak ada ya kami mungkin bisa tetap menggunakan sementara asisten wasit di seperti pertandingan terakhir di kompetisi lalu,” tutur Sudjarno.

PT LIB sendiri dalam waktu dekat akan bertemu dengan PSSI membahas soal rencana kompetisi musim depan dan juga pramusim.

Liga 1 2022 direncanakan bakal menerapkan sistem home and away dan diharapkan bisa menghadirkan penonton.

Terkait hal ini juga, PT LIB tetap akan terus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder terkait agar kompetisi bisa bergulir berbeda dari musim lalu. (Wila Wildayanti).