Pelatih Korea Park Choong-kyun Akan Tangani Persija?

Persija Jakarta akan menunjuk pelatih baru. Ada rumor bahwa pelatih asal Korea, Park Choong-kyun, bakal merapat.

Park Choong-kyun saat ini sedang menganggur setelah meninggalkan klub Vietnam, Hanoi FC, belum lama ini. Sebelumnya, ia pernah melatih berbagai klub dan juga menjadi asisten Tim Nasional.

Karier pelatih berusia 48 tahun ini dimulai pada 2009 ketika ia dipercaya menangani Seongnam Ilhwa Chunma (kini bernama Seongnam FC) U-15. Menariknya, saat itu klub senior Seongnam sedang dilatih Shin Tae-yong yang kini menjadi Pelatih Timnas Indonesia.

Setahun di Seongnam, Park Choong-kyun mulai merintis karier melatih tim senior. Timnas Guam jadi pelabuhan pertamanya pada 2010.

Lagi-lagi kariernya cuma bertahan setahun dan kemudian menjadi pelatih tim reserve Ulsan Hyundai. Kembali cuma bertahan setahun, ia kemudian pindah lagi ke Jeonbuk Motors sebagai asisten pelatih di Jeonbuk Motors dan bertahan sampai 2018.

Selepas meninggalkan Jeonbuk Motors, Park Choong-kyun Tianjin Quanjian (kini bernama Tianjin Tianhai) dari 2018-2020. Ia kemudian menjadi asisten Timnas Vietnam sebentar, lalu pindah ke Hanoi FC yang menjadi tim terakhirnya.

Sebenarnya Park Choong-kyun bukan satu-satunya nama yang dikaitkan-kaitan dengan Persija. Ada juga Paul Munster yang santer disebut bakal berlabuh di Persija.

Sama seperti Park Choong-kyun, Paul Munster juga berstatus tanpa klub usai meninggalkan Bhayangkara FC. Cabutnya Paul Munster bisa saja karena mendapat tawaran dari klub lain, salah satunya Persija.
Persija Rombak Tim

Adapun Persija sebelumnya sudah berjanji akan mengumumkan pelatih baru. Perombakan besar-besaran sedang dilakukan Persija dengan aktif di bursa transfer untuk menyambut musim baru.

“Bergabungnya tiga pemain baru di Persija adalah bukti keseriusan manajemen dalam melakukan perombakan tim,” kata Prapanca, dalam pernyataan resminya.

“Tidak berhenti sampai di situ, dalam beberapa hari ke depan akan ada nama-nama baru dan juga pelatih yang akan segera diumumkan,” ujarnya soal pelatih baru Persija.