Terbukti Tokcer, MU Serahkan Pembentukan Tim ke Pelatih Brasil

Madura United memberikan apresiasi dengan memastikan status Fabio Araujo Lefundes sebagai pelatih untuk Liga 1 2022-2023.

Apresiasi itu tak lepas dari kinerja Fabio Lefundes yang dinilai mampu mengangkat performa maupun prestasi Tim Laskar Sape Kerrab musim lalu.

“Dia bisa mengangkat Madura United dengan pemain yang mayoritas bukan pilihan dia,” kata Direktur Utama PT PBMB, Ziaul Haq Abdurrahim, Selasa (5/4/22).

Sehingga, manajemen menyerahkan sepenuhnya pembentukan tim kepada Fabio Lefundes. Pelatih asal Brasil itu diberi keleluasaan dalam menentukan posisi pemain maupun nama-nama yang hendak direkrut.

“Coach Fabio Lefundes sudah melakukan evaluasi bersama manajemen juga. Pemilihan pemain kami serahkan sepenuhnya kepada dia selaku pelatih,” ucap figur yang juga Chief Financial Officer Madura United itu.

Pada Liga 1 musim depan, regulasi untuk komposisi pemain kemungkinan tak jauh berbeda. Madura United bisa memiliki 30 sampai 35 nama secara maksimal.

Sementara itu, regulasi untuk pemain asing ada empat slot, masing-masing satu pemain asal Asia dan tiga lainnya non Asia.

Sekadar mengingatkan, Fabio Lefundes mampu merubah cara bermain Madura United dan membawa tim finis di peringkat ke-9 klasemen akhir Liga 1 2021-2022 dengan perolehan 41 poin.

Seiring hal itu, Madura United tampaknya memilih sedikit bersabar untuk mengumumkan aktivitas bursa transfer mereka menjelang Liga 1 2022-2023.

“Soal welcome-welcome itu, Madura United pelan-pelan saja. Mungkin pertengahan April nanti baru mengumumkan siapa saja yang bertahan dan dilepas,” imbuh Ziaul Haq.

Yang pasti, sejauh ini Madura United sudah melepas dua pemain musim lalu. Kontrak iper Korea Selatan, Hong Jung-nam, tidak diperpanjang, sedangkan Andik Rendika Rama sudah diperkenalkan Arema FC.

Madura United memastikan tetap mempertahankan Fabio Araujo Lefundes untuk menduduki posisi pelatih alias head coach.

Dengan demikian, pelatih berkebangsaan Brasil itu tetap akan mengawal perjalanan Madura United di Liga 1 2022-2023, seperti yang sudah ia lakukan selama beberapa bulan terakhir.

“Kami mempertahankan coach Fabio Lefundes untuk (Liga 1) musim depan,” ujar CFO Madura United, Ziaul Haq Abdurrahim, Selasa (5/4/22).

Pihak klub pun melanjutkan, kebijakan itu tak lepas dari kinerja Fabio Lefundes. Eks asisten pelatih Jeonbuk Hyundai Motors itu dinilai mampu menjawab ekspektasi klub perihal perbaikan performa maupun prestasi.

“Coach Fabio Lefundes mampu mengangkat posisi Madura United yang sempat terpuruk di zona degradasi,” beber Ziaul Haq Abdurrahim.