Dipanggil TC SEA Games 2021, Marc Klok Begitu Emosional

Rasa bahagia sedang dinikmati Marc Klok. Pilar Persib Bandung tersebut menjadi satu dari 29 pemain yang dipanggil buat menjalani pemusatan latihan (TC) jelang SEA Games 2021.

Klok sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak akhirnya November 2020, tak bisa langsung memakai seragam Merah Putih. Penyebabnya karena ia tidak dapat menunjukkan bukti garis keturunan Indonesia yang diminta FIFA.

Alhasil, Klok mesti menunggu waktu masa menetapnya di Tanah Air sampai lima tahun. Ia sudah tinggal di Indonesia sejak 2017 sehingga pada tahun ini ia sudah memenuhi syarat untuk membela timnas Indonesia.

“Akhirnya setelah semua penantian dan proses ini. Saya selalu terus percaya dan menempatkan tujuan saya untuk menjadi pemain timnas [Indonesia],” tulis Klok dalam akun Instagram miliknya.

“Hari ini, hari telah tiba untuk panggilan resmi saya dan saya tidak sabar untuk mengenakan jersey Garuda dan membuat bangsa [Indonesia] bangga.”

“Saya tahu bahwa saya memiliki tanggung jawab besar, dan saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Saya ingin memberikan 100 persen [kemampuan] saya. Selalu. Anda tahu, ketika Anda pergi ke sana dengan seragam Garuda, Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan momen yang akan diingat orang selamanya. Anda mewakili lebih dari 200 juta penduduk dan Anda adalah bagian dari impian anak-anak di Indonesia.”

Selain Klok, ada tiga pemain senior yang dipanggil yakni Fachruddin Aryanto, Ricky Kambuaya, dan Irfan Jaya. Nantinya, cuma dua nama saja yang bisa dimainkan timnas Indonesia pada SEA Games 2021.

Sementara pemain sisanya berusia di bawah 23 tahun. Umur tersebut mengalami perubahan karena pada SEA Games 2019 yang digelar di Filipina, setiap kontestan memainkan pemain berusia 22 tahun dan boleh menggunakan dua pemain senior.

Kini skuad timnas Indonesia sedang menjalani TC di Jakarta. Dijadwalkan armada Shin Tae-yong tersebut melanjutkan agenda di Korea Selatan sampai SEA Games 2021 dihelat.

Pada SEA Games 2021, timnas Indonesia menempati Grup A. Pasukan Garuda Muda bakal menghadapi tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.