Asnawi Mangkualam Gagal Bantu Ansan Greeners Raih Kemenangan

Ansan Greeners masih memburu kemenangan pertama di K League 2 musim ini setelah menelan kekalahan 2-1 dari tamunya, FC Anyang, di Stadion Ansan Wa, Rabu (6/4) petang WIB.

Kekalahan itu membuat Ansan makin terpuruk di dasar klasemen sementara, karena baru mengumpulkan empat poin. Sedangkan Anyang melesat ke peringkat dua dengan mengoleksi 17 angka.

Pelatih Cho Min-kook kembali menempatkan Asnawi di bangku cadangan seperti di laga terakhir. Pemain asal Indonesia ini dimasukkan pada menit ke-67 menggantikan Shin Jae-yuk.

Meski bertidak sebagai tuan rumah, Ansan tidak mampu memberikan perlawanan sengit. Akibatnya, gawang Lee Seung-bin sudah kebobolan ketika laga memasuki menit ke-31 melalui sundulan Hwang Ki-wook menyambut umpan Kim Kyung-jung. Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan Ansan lebih agresif di babak kedua. Namun mereka beberapa kali menemui jalan buntu untuk menyamakan kedudukan. Sebaliknya, serangan Anyang juga mampu merepotkan barisan belakang Ansan.

Walau mengubah skema tiga bertahan menjadi empat pemain belakang di babak kedua, Min-kook selanjutnya memasukkan Asnawi di menit ke-67 untuk menambah daya dobrak tim besutannya.

Pada menit ke-70, Anyang melakukan serangan balik. Hong Chang-beom memberikan umpan kepada Kyung-jung. Pemain bernomor punggung 11 ini lalu melakukan solo run dari garis tengah, dan selanjutnya memperdayai kiper Ansan untuk mengubah papan skor menjadi 2-0.

Selang satu menit kemudian, Ansan mampu memperkecil ketertinggalan ketika Choi Geon-joo menyambar bola muntah tendangan Kang Soo-ill yang ditepis kiper Jeong Min-ki.

Gol ini melecut motivasi pemain Ansan untuk menyamakan kedudukan. Asnawi sempat menebar ancaman di menit ke-74 dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi dapat diamankan penjaga gawang.

Dalam keterangannya selepas pertandingan, Min-kook mengatakan, sektor pertahanan menjadi sorotan di laga ini. Apalagi mereka kehilangan peluang mendapatkan hadiah penalti di menit akhir ketika Geon-joo dijatuhkan Park Jong-hyeon di kotak terlarang setelah wasit melihat video assistant referee (VAR).

“Ini kekalahan menyakitkan, karena kami tertinggal dua gol lebih dulu di kandang. Sangat disayangkan pergerakan lini pertahanan kami tidak bagus. Kami juga tidak beruntung dengan VAR,” ucap Min-kook dikutip laman Best Eleven.