8 Besar Pemain dengan Harga Pasar Tertinggi di Liga 1: Persib Sumbang Banyak Perwakilan

Pagelaran BRI Liga 1 2021/22 resmi ditutup dengan Bali United sebagai pemenangnya. Ini adalah kali kedua Serdadu Tridatu menjuarai kompetisi paling bergengsi di kancah sepak bola Indonesia tersebut.

Bali United asuhan Stefano Cugurra menjadi juara BRI Liga 1 dengan koleksi 75 poin, mengungguli Persib Bandung yang berada di posisi runner-up dengan 69 poin dan Bhayangkara FC yang mengoleksi 66 poin di peringkat ketiga.

Tak hanya menjadi juara BRI Liga 1 2021/2022, Bali United juga telah menjadi tim paling produktif sepanjang musim, yaitu mencetak 57 gol dalam 34 pertandingan yang harus dijalani. Sementara Persib Bandung menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit, yaitu 22 gol.

Keberhasilan Bali United menjadi juara dengan level produktivitas di lini serang yang luar biasa, serta Persib yang menjadi runner-up dengan jumlah kebobolan paling sedikit, membuat cukup banyak pemain mereka yang mendapatkan penghargaan mengenai nilai pasar mereka masing-masing.

Berikut ini delapan pemain dengan nilai pasar tertinggi sepanjang BRI Liga 1 2021/2022. Siapa saja mereka?

Marc Klok – 450 Ribu Euro

Marc Klok telah menjadi pemain yang sangat penting bagi lini tengah Persib Bandung. Setelah menjadi pemain terbaik Piala Menpora 2021 saat membawa Persija Jakarta menjuarai turnamen pramusim tersebut, Marc Klok makin terlihat luar biasa berseragam Persib.

Namun, sebagai pemain dengan posisi gelandang, kontribusi Marc Klok yang bisa terukur terbilang biasa saja. Pemain naturalisasi yang lahir di Belanda itu hanya mencetak 3 gol dan 4 assist sepanjang BRI Liga 1 2021/2022.

Marc Klok menjadi pemain yang paling berharga di BRI Liga 1 dengan nilai pasar mencapai 450 ribu euro.

Brwa Nouri – 425 Ribu Euro

Gelandang Bali United ini tengah berbahagia karena berhasil kembali meraih gelar juara di Indonesia bersama Serdadu Tridatu. Brwa Nouri merupakan pemain yang juga merasakan atmosfer juara ketika Bali United mendapatkannya pada 2019.

Pemain yang memiliki kewarganegaraan ganda, Irak dan Swedia, itu terbilang cukup betah dengan tim Serdadu Tridatu racikan Stefano Cugurra. Kini nilai pasarnya telah mencapai 425 ribu euro.

Nick Kuipers – 425 Ribu Euro

Seperti halnya Brwa Nouri, bek Persib Bandung, Nick Kuipers, menjalankan peran yang sangat penting sebagai benteng kukuh di pertahanan Maung Bandung.

Meski jumlah penampilan Nick Kuipers kalah ketimbang Frets Butuan, di mana Nick Kuipers bermain dalam 30 pertandingan dan Frets Butuan tampil dalam 33 pertandingan, bek Persib asal Belanda itu mencatatkan menit bermain terbanyak di skuad Persib Bandung di BRI Liga 1 2021/2022.

Nilai pasarnya pun tidak main-main. Nick Kuipers mengoleksi 425 ribu euro.

Bruno Cantanhede – 400 Ribu Euro

Baru setengah musim terakhir Bruno Cantanhede bergabung bersama Persib Bandung. Pemain asal Brasil itu mampu hampir mengimbangi gelandang asing Persib Bandung, Mohamed Rashid, yang sudah bergabung bersama Persib sejak awal musim.

Bruno Cantanhede langsung memiliki nilai pasar mencapai 400 ribu euro. Bukan tidak mungkin Bruno akan dipertahankan Persib untuk mengarungi musim depan setelah memperlihatkan peran yang cukup baik dalam separuh musim BRI Liga 1 2021/2022.

Mohammed Rashid – 375 Ribu Euro

Pemain Persib Bandung terakhir yang ada dalam daftar 10 besar pemain dengan nilai pasar tertinggi di sepak bola Indonesia saat ini. Mohamed Rashid adalah andalan Maung Bandung sejak pertama kali bergabung pada awal musim BRI Liga 1 2021/2022.

Pemain dengan kewarganegaraan Pelestina dan Amerika Serikat itu mampu memperlihatkan performa yang konsisten, di mana 6 gol dan 2 assist merupakan kontribusi nyata dari Mohammed Rashid. Nilai pasar 375 ribu euro pun layak didapatkannya.

Rohit Chand – 375 Ribu Euro

Meski Persija Jakarta harus terpuruk dan finis di peringkat kedelapan dalam BRI Liga 1 2021/2022, nama Rohit Chand masih menjadi satu yang bersaing ketat sebagai pemain dengan nilai transfer yang tinggi.

Pemain asal Nepal itu memiliki nilai sebesar 375 ribu euro setelah melewati 27 pertandingan bersama Persija di BRI Liga 1 2021/2022 dan memiliki sedikit kontribusi lewat dua gol dan satu assist.

Taisei Marukawa – 375 Ribu Euro

Motor serangan sekaligus pengumpul pundi gol terbanyak Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022. Pemain asal Jepang tersebut mampu memberikan kontribusi nyata lewat 17 gol dan 10 assist yang membuatnya memang layak terpilih sebagai pemain terbaik BRI Liga 1 2021/2022.

Jumlah gol dan torehan assist tersebut jelas membuat Taisei Marukawa membuktikan diri sebagai rekrutan terbaik Persebaya. Tak hanya itu, dengan nilai mencapai 375 ribu euro, pemain asal Jepang itu pun langsung masuk jajaran elite pesepak bola paling berharga.

Namun, hanya beberapa hari setelah BRI Liga 1 2021/2022 berakhir, Taisei Marukawa langsung meninggalkan Persebaya Surabaya. Pemain asal Jepang itu langsung diumumkan sebagai pemain asing baru PSIS Semarang bersama dengan Carlos Fortes asal Arema FC.

Marko Simic – 375 Ribu Euro

Marko Simic masih menjadi pemain yang memberikan kontribusi nyata bagi Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021/2022. Meski tersingkir dari skuad utama Macan Kemayoran asuhan Sudirman pada paruh kedua musim terakhir, Simic tetap mampu memberikan kontribusi.

Pemain asal Kroasia itu mencetak 14 gol dan satu assist sepanjang BRI Liga 1 2021/2022. Jumlah tersebut sebenarnya masih bisa bertambah seandainya Sudirman tetap mempercayakan lini depan Macan Kemayoran kepadanya pada akhir musim.

Namun, Marko Simic harus tersingkir dan diisukan bakal meninggalkan Macan Kemayoran pada musim depan. Apalagi Marko Simic masih memiliki nilai pasar yang cukup tinggi, yaitu 375 ribu euro yang membuatnya layak untuk mendapatkan kesempatan lebih besar.

Disadur dari: Bola.com (Benediktus Gerendo Pradigdo)