Pertahankan Eks Pelatih PSMS, Karo United FC Siap Tancap Gas Tatap Liga 2

Tampil menawan dan sukses menjuarai Liga 3 2021-2022, Karo United FC memastikan bakal mempertahankan pelatih Suharto AD untuk mengarungi Liga 2 musim depan.

Bahkan, klub berjuluk Laskar Simbisa ini dilaporkan akan segera tancap gas dalam menatap bergulirnya kompetisi sepak bola kasta kedua Tanah Air.

“Pelatih tetap dipertahankan. Kami akan libur sebentar untuk memulai persiapan Liga 2 nanti. Sekitar seminggu saja,” ungkap Presiden Karo United FC, Theophilus Ginting, Minggu (3/4/22).

Alasannya tentu saja karena Karo United FC ingin mempersiapkan tim jauh lebih awal, mengingat Liga 2 musim depan dinilai sangat ketat.

Apalagi dengan hadirnya beberapa tim degradasi dari Liga 1. Bahkan persaingan di wilayah Sumatra Utara (Sumut) sudah semakin sengit, dengan promosinya Karo United FC dan PSDS Deli Serdang (mendampingi PSMS Medan).

Bicara soal target di Liga 2 nanti, pria yang akrab disapa Theo ini masih enggan berbicara panjang lebar. Namun dirinya mengisyaratkan dapat bertahan dulu alias tak terdegradasi.

Bahkan, lanjutnya, pihaknya mencoba menyusun strategi selama bertahan di Liga 2 nanti demi dapat bercita-cita promosi ke kasta tertinggi, Liga 1.

“Hitungan-hitungannya ini industri kan, industri sepak bola. Kami harus tahu di tahun berapa ngegas, harus promosi,” kata Theophilus Ginting.

“Itulah pertimbangan kami menyikapi strategi investasi di industri sepak bola,” imbuh pria yang juga menjabat Wakil Bupati Karo ini.

Di sisi lain, pelatih Suharto AD menyebut pihaknya telah berkomunikasi dengan manajemen klub perihal pemain-pemain yang dipertahankan.

Tidak hanya itu, dirinya menyebut sudah juga menyusun rencana program untuk mempersiapkan tim yang lebih awal untuk menatap Liga 2 nanti.

“Ada sekitar 40-50 persen yang dipertahankan. Kami kan sudah punya fundamen di tim itu, jadi tinggal menambahkan beberapa pemain lagi,” ucapnya.

“Jadi, kami hanya rehat sekitar semingguan saja, dengan lebih dulu menggelar seleksi di bulan puasa ini, tapi tahap selanjutnya setelah lebaran,” pungkas mantan pelatih PSMS Medan ini.

Sekadar mengingatkan, Karo United FC berhasil meraih satu dari total delapan tiket promosi ke Liga 2 musim depan usai menjadi salah satu dari dua tim terbaik pada babak grup 16 besar Liga 3 2021-2022.

Bahkan mereka keluar sebagai juara grup, sehingga berhak melaju ke semifinal dengan menantang sesama klub asal Sumut, PSDS Deli Serdang.

Dalam laga bertajuk derby Sumut itu, Karo United FC sukses menundukkan PSDS 2-0, sekaligus membalas dendam alias revans saat mereka kalah di semifinal Liga 3 zona Sumut sebelumnya.

Alhasil, mereka berhak ke partai final dan sukses menjadi kampiun Liga 3 usia mengalahkan Putra Jombang (Putra Deltra Sidoarjo) dengan skor 4-2 lewat drama adu penalti usai bermain imbang 3-3 di waktu normal.