Klarifikasi Carlos Fortes Soal Keputusan Gabung PSIS Semarang

Pemain asal Portugal, Carlos Manuel dos Santos Fortes memberi penjelasan terkait keputusannya meninggalkan Arema FC dan bergabung ke PSIS Semarang.

Carlos Fortes dikenalkan sebagai sebagai pemain baru PSIS Semarang pada Jumat (01/04/22).

Tak hanya dia, Tim Mahesa Jenar juga memperkenalkan Taisei Marukawa, gelandang impor asal Jepang yang sebelumnya membela Persebaya Surabaya.

PSIS Semarang mengaku bangga bisa merekrut pemain sekaliber Carlos Fortes dan Tasei Marukawa yang tampil ciamik di Liga 1 2021.

“Setelah melakukan berbagai evaluasi, kami memutuskan merekrut Marukawa dan Fortes yang memiliki peroforma sangat luar biasa di Liga 1,” ujar Komisaris PSIS, Junianto pada Jumat (01/04/22).

“Kami merekrut kedua pemain ini dan berharap semoga bisa membawa PSIS Semarang lebih maju dan berprestasi di pelaksanaan Liga 1 musim depan.”

Manajemen klub berlogo kepala singa pun geram dengan kesepakatan yang dicapai Carlos Fortes bersama PSIS Semarang.

“Tentu sangat disayangkan atas apa yang dilakukan Carlos Fortes,” ucap Media Officer tim, Sudarmaji pada situs Arema FC.

Di satu sisi, Arema FC sangat terbuka jika ada pemain memutuskan hengkang ke klub lain.

Namun demikian, seharusnya pihak pemain maupun agen menempuh jalur kekeluargaan jika ada keinginan hengkang.

“Harusnya dibicarakan dengan manajemen klub terlebih dahulu,” ungkap Sudarmaji.

Versi klub, Carlos Fortes bisa meninggalkan Arema FC setidaknya sampai pertengahan April. Pasalnya, saat ini klub tengah menjalankan program evaluasi terhadap kinerja keseluruhan anggota tim.

“Artinya, Arema FC punya opsi prioritas membicarakan masa depan Fortes,” tuntas dia.

Kendati demikian, Carlos Fortes pun membuka suara lewat unggahan Instagramnya. Ia menyatakan bahwa Arema tidak pernah menghubungi dan membahas pembaruan kontrak.

“Klarifikasi, 1. Arema tidak pernah mengubungi saya secara langsung untuk memperbaharui kontrak saya,” tulis Carlos Fortes dalam akun Instagram pribadinya.

Lebih lanjut, Carlos Fortes menganggap pindah ke PSIS bukan keputusan gegabah, melainkan sudah sesuai dengan aturan FIFA.

Sebagaimana diketahui, aturan FIFA memperbolehkan pemain sepak bola untuk melakukan negosiasi dengan tim baru dan menandatangani kontrak dalam 3 bulan terakhir.

“Dalam tiga bulan terakhir kontrak, saya dapat bernegosiasi dan menandatangani (kontrak) dengan klub lain,” tulis Fortes.

Selain itu, Carlos Fortes mengaku bahwa seluruh jajaran manajemen arema sudah tau terkait tawaran PSIS Semarang

“Semua direktur, presiden, dan pemilik klub diberitahu bahwa saya memiliki proposal dari PSIS dan mereka tidak menghubungi saya,”