Rasa Syukur RD Bawa Barito Putera Lolos Degradasi

Barito Putera lolos dari jerat degradasi usai menahan imbang Persib Bandung pada pekan ke-34 Liga 1 2021/2022.

Duel yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (31/3/2022) itu berakhir dengan skor 1-1.

Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan bersyukur atas hasil yang diraih oleh anak asuhnya. Dengan hasil tersebut, Barito selamat dari ancaman degradasi.

Pelatih yang akrab disapa RD itu mengaku tegang dan sempat ketakutan bila timnya akan menelan kekalahan.

Performa yang ditunjukan oleh skuadnya di pertandingan tersebut membuatnya was-was.

“Pertama saya beryukur sekali kepada Alah SWT yang memberikan rizki kepada kami,” kata RD seusai laga.

“Jujur hari ini tim kami jauh dari performa yang biasanya dan yang saya takuti terbukti. Sangat tegang, hingga penjaga gawang saya punya ERD kambuh, itu terjadi karena tegang,” sambung dia.

Pertandingan tersebut berlangsung dramatis. Harapan Barito Putera untuk bertahan di Liga 1 sempat pupus setelah Persib mencuri gol pertama lewat sontekan Beckham Putra Nugraha di menit ke-52.

Pertahanan tim Laskar Antasari terus digempur oleh Persib, bahkan Maung Bandung sempat mendapatkan kesempatan untuk menggandakan keunggulan lewat tendangan penalti.

Akan tetapi penalti yang di eksekusi David da Silva berhasil digagalkan oleh Muhammad Riyandi.

Keberuntungan hadir bagi Barito Putera di menit ke-84. Beni Oktovianto berhasil mencetak gol penyeimbang, setelah memanfaatkan bola muntah di mulut gawang Persib.

Dikatakan RD timnya sempat kewalahan menghadapi perlawanan Persib. Ia juga mengapresiasi kerja keras anak asuhnya.

“Saya tak pungkiri tim kita tidak jalan, ada pergantian di babak kedua dan ada sedikit perubahan namun belum optimal,” ujar RD.

“Jujur kita ada keberuntungan dan kerja keras hari ini. Keberuntungan seperti penalti tidak masuk dan kerja keras dapat momentum yang pas dan selamat buat pemain,” jelas dia.

Pemain Barito Putera Beni Oktavianto sangat bersyukur dengan hasil yang diraih. Sukses menahan imbang Persib, Barito Putera bertahan di Liga 1 musim depan dan unggul head to head atas Persipura Jayapura.

“Saya mewakili pemain, kita bertahan di Liga 1, mungkin kita pemain tegang di babak pertama dan di babak kedua kita coba buat suasana Lebih hidup lagi dan alhamdulillah bawa satu poin yang sangat berharga,” tegas Beni.