Official Store Arema FC Lepas 750 Jersey Adilson Maringa, Ludes Terjual dalam Sebulan

Arema FC mengakhiri BRI Liga 1 2021/2022 dengan finis di posisi keempat. Meski gagal mengejar target juara, setidaknya ada idola baru yang muncul pada musim ini, yaitu kiper asing Adilson Maringa. Kiper asal 31 tahun ini menjadi pahlawan Arema FC dengan rekor 14 kali clean sheet pada musim ini.

Performa apik kiper asal Brasil itu di lapangan hijau itu memberikan efek bagus ke luar lapangan. Divisi bisnis Arema FC juga kecipratan keuntungan, karena penjualan jersey kiper musim ini terbilang laris manis.

Padahal hiasanya Arema FC tidak menjual jersey kiper di official store. Tapi, musim ini menjadi pengecualian. Pengelola official store Arema seperti menangkap peluang ketika Adilson Maringa menjadi idola baru.

“Jersey kiper ada tiga desain. Total 750 jersey kiper terjual kurang lebih selama satu bulan saja,” ujar Tjiptadi Purnomo, Manajer Official Store Arema FC.

Arema FC sengaja hanya membuat 750 jersey kiper musim ini. Artinya semua laku terjual. Namun, saat ini belum ada rencana menambah produksi jersey kiper.

“Kami pikir lebih banyak kolektor yang beli. Jadi hanya 750 jersey kiper yang dibuat. Lainnya jersey pemain untuk home, away, dan jersey alternatif ketiga,” lanjutnya.

Sebelum kehadiran Adilson Maringa, Arema FC pernah memiliki kiper berkelas, yaitu Kurnia Meiga. Namun, ketika itu manajemen Arema FC belum memiliki official store dan apparel sendiri. Jadi tidak bisa diketahui seberapa laris penjualan jersey Kurnia Meiga pada rentang 2010 hingga 2017.

Kembali ke penjualan jersey Maringa, bisa jadi karena ini musim perdana Maringa, sehingga belum banyak fans yang memiliki merchandise identik dengan kiper berusia 31 tahun asal Brasil itu.

Selain tangguh di bawah mistar, Maringa juga punya penampilan rapi. Sehingga makin banyak Aremania dan Aremanita yang mengagumi penampilan kiper asal Brasil itu.

Musim ini, Adilson Maringa bisa jadi kiper terbaik BRI Liga 1. Kabarnya, mantan kiper klub Liga 2 Portugal, Vilafranquense, ini masuk nominasinya.

Bukan hal yang mengejutkan sebenarnya. Dia jadi kiper kedua untuk jumlah save terbanyak, yakni 87 kali penyelamatan. Dia hanya kalah dari kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, yang sudah punya 101 save.

Kehebatan Maringa di bawah mistar gawang Arema FC juga diakui kiper klub Liga 1 lainnya. Nadeo Argawinata (Bali United) dan Teja Paku Alam (Persib Bandung) sempat memberi sanjungan untuk kiper Arema tersebut.